Biar Nggak Tersesat di Bulan, Astronot Bakal Dibekali Peta

- Sabtu, 25 April 2020 | 14:37 WIB
Peta Bulan. (Dok. NASA)
Peta Bulan. (Dok. NASA)

Belum lama ini, para ilmuwan mengumumkan telah berhasil menyusun peta Bulan. Nantinya, peta tersebut akan dipakai para astronot dalam misi ke bulan.

Dengan peta itu, astronot diharapkan tidak akan tersesat dan bisa berhenti di tempat yang tepat. Para astronot tersebut nantinya juga bisa mendarat di daerah yang layak untuk dilakukan penyelidikan ilmiah.

Peta Bulan ini sendiri dikembangkan oleh NASA, Texas Lunar Planetary Institute, the Astrogeology Science Center, dan US Geological Survey (USGS).

-
Peta bulan. (Dok. NASA)

"Orang-orang selalu terpesona oleh bulan dan bertanya-tanya kapan kita bisa kembali. Jadi sangat luar biasa melihat USGS bisa menciptakan sumber daya yang dapat membantu NASA untuk misi masa depan," ujar Jim Reilly, Direktur USGS, dilansir dari Science Alert, Sabtu (25/4/2020).

Di peta berskala 1:5.000.000 ini terdapat informasi-informasi topologi, seperti lokasi kawah, retakan, puncak, pegunungan, patahan dan hal-hal lainnya yang menjadi rintangan para astronot.

Proyek Peta Bukan ini sendiri diketahui sudah dijalankan selama puluhan tahun. Para ilmuwan membuat peta tersebut sedetail mungkin agar bisa segera digunakan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X