Ombudsman Minta Pemerintah Larang Turis Tiongkok Masuk ke Indonesia

- Senin, 27 Januari 2020 | 15:32 WIB
Anggota Ombudsman RI, Laode Ida, di Gedung Ombudsman, Jakarta, Jumat (15/11/2019). (ANTARA/M Razi Rahman)
Anggota Ombudsman RI, Laode Ida, di Gedung Ombudsman, Jakarta, Jumat (15/11/2019). (ANTARA/M Razi Rahman)

Komisioner Ombudsman Indonesia, La Ode Ida meminta pemerintah untuk mengeluarkan larangan sementara agar pekerja dan turis Tiongkok tidak ke Indonesia.

Hal tersebut untuk menghindari penularan virus Corona yang hingga saat ini masih belum ada obatnya.

"Sehubungan dengan munculnya virus Corona, maka pemerintah Indonesia seharusnya segera mengeluarkan larangan masuk pekerja asal China," ungkap La Ode Ida, Senin (27/1/2020).

Para pekerja dari Tiongkok yang sudah telanjur berada di Indonesia pun disarankan harus segera didata dan dilakukan pemeriksaan khusus.

Menurut La Ode Ida, perlindungan terhadap nyawa warga negara Indonesia jauh lebih utama, ketimbang membebaskan masuknya pekerja asal Tiongkok yang mengatasnamakan investasi.

"Karena virus yang mematikan itu sudah terbukti bersumber dari China, dan pemerintah Indonesia memiliki kewajiban asasi untuk melindungi warganya dari bahaya kontaminasi dari virus yang kemungkinan dibawa oleh para pekerja atau para wisatawan China," ungkap La Ode.

La Ode juga mengatakan bahwa hampir setiap hari ada pekerja asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia, seperti di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X