Mendikbud Akan Mengangkat Guru Honor Setiap Tahun

- Kamis, 1 Agustus 2019 | 17:13 WIB
Antara/Aris Wasita
Antara/Aris Wasita

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy memastikan pihaknya akan melakukan pengangkatan guru honorer setiap tahunnya hingga 2024. "Sesuai rencana, kami setiap tahun maksimum mengangkat 110.000 guru honorer di seluruh Indonesia," ujar Muhadjir (1/8).

Muhaddjir mengatakan bahwa guru honorer tersebut untuk menutup kebutuhan jumlah guru yang telah pensiun. "Jumlah guru yang pensiun rata-rata per tahun lebih dari 40.000 orang, ditambah penambahan sekolah baru. Itu yang jadi patokan," ungkap Muhadjir.

Ia juga memastikan setiap tahun tidak boleh ada moratorium. "Jadi harus ada pengangkatan. Guru juga harus lulus tes, tidak boleh gratisan. Maunya ini kan pada 'nggak' mau tes. Nanti kalau mentok ya kita ambil kebijakan yang lain," kata Muhadjir.

Untuk rekrutmen guru honorer ada dua pilihan, yaitu jika guru tersebut usianya di bawah 35 tahun maka bisa mengikuti tes CPNS. Sementara itu, jika usianya melebihi 35 maka tidak ada pilihan lain kecuali ikut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Itu sudah sesuai dengan undang-undang. Nanti juga setiap daerah akan punya kuota," ujarnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X