DPR Sambut Upaya Aktivis Satukan Informasi Terkait Virus Corona

- Senin, 2 Maret 2020 | 20:10 WIB
Petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP, Nabil Haroen, menyambut baik upaya aktivis membangun sistem informasi yang valid tentang virus corona.

"Saya mendengar, ada sejumlah relawan dari aktivis kesehatan Indonesia, baik di dalam negeri maupun internasional untuk membangun satu sistem informasi yang bisa diakses bersama terkait dengan penanganan virus corona di Indonesia," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Senin (2/3/2020).

Dia menilai itu langkah baik yang harus didukung semua pihak. Upaya masyarakat bersama-sama pemerintah untuk saling melengkapi. 

"Sistem informasi dan data center sangat penting agar publik dapat mengakses informasi yang akurat dan tidak tergerus fitnah, berita palsu, hoaks," tegasnya.

Terkait dengan merebaknya virus corona, pemerintah Indonesia, sambungnya, harus melangkah lebih maju dengan menyampaikan persiapan Kementrian Kesehatan untuk mencegah merebaknya virus ini sekaligus langkah-langkah strategis untuk rehabilitasi korban. 

Sebagaimana diketahui, lebih dari 50 negara terjangkit virus corona. Beberapa di antaranya, yakni Jepang, Singapura, Italia, Malaysia, hingga Iran. 

"Pemerintah Indonesia harus lebih sigap, cermat sekaligus teliti untuk menangani korban virus corona. Pemerintah harus terbuka terkait informasi penyebaran virus corona, serta berapa jumlah yang terjangkit," katanya.

Dia juga meminta masyarakat Indonesia untuk tenang, sekaligus saling membantu mencegah meluasnya penyebaran virus corona. 

"Doa dan dukungan moral penting, tetapi langkah-langkah pencegahan dari Kementerian Kesehatan dan institusi terkait juga tidak boleh diabaikan," tuturnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X