Ini 17 Daerah yang Sudah Larang Penggunaan Kantong Kresek
Ilustrasi. (Pixabay/cocoparisienne)
News

Ini 17 Daerah yang Sudah Larang Penggunaan Kantong Kresek

Rabu, 20 November 2019 08:03 WIB 20 November 2019, 08:03 WIB

INDOZONE.ID - Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mencatat bahwa potensi timbunan sampah di Indonesia hingga tahun 2025 adalah 71,5 juta ton dengan target pengurangan sebanyak 30 persen atau 20,9 juta ton.

Menurut Kepala Seksi Daur Ulang Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah KLHK, Tyasning Permanasari menjelaskan bahwa di tahun 2018 hanya 12 persen sampah yang masuk diarea industri daur ulang.

"Itu 69 persen itu ada ditimbunan sampah. Sedangkan di bank sampah juga cuma 4 persen," terangnya, dalam acara Potensi Ekonomis dari Pengelolaan Sampah Plastik, di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Ia juga menegaskan bahwa tanpa masyarakat sadar tentang menjaga lingkungan, maka teknologi secanggih apapun itu akan sulit dikendalikan. 

"Kita belum sampai level sampai situ," tambahnya.

Oleh sebab itu berdasarkan pada peraturan perundangan tentang pengelolaan sampah pemerintah daerah, maka ada beberapa daerah yang sudah menerapkan pelarangan kantong plastik.

Tercatat kebijakan ini sudah dilakukan sejak 1 Juni 2016. Saat ini ungkap Tyas sudah terdapat 17 daerah yang menjadi bagian dari kebijakan larangan kantong kresek, diantaranya:

  1. Kota Bandung
  2. Kota Banjarmasin
  3. Kota Balikpapan
  4. Kota Padang
  5. Kota Bogor
  6. Provinsi Bali
  7. Kota Jambi
  8. Kota Denpasar
  9. Kota Banjarbaru
  10. Kota Bukittinggi
  11. Kota Samarinda
  12. Kota Bontang
  13. Kabupaten Badung
  14. Kabupaten Bogor
  15. Kota Jayapura
  16. Kabupaten Flores Timur
  17. Kota Biak

Sementara ada 4 daerah lainnya yang tercatat sudah membuat draf akan melarang kantong kresek yakni DKI Jakarta, Kota Cimahi, Kota Malang dan Kota Bekasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti
Nani Suherni
Nani Suherni

Nani Suherni

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU