Ingin Diakui Dunia, Indonesia Kirim Tim ke Lomba Desain Internasional

- Kamis, 27 Juni 2019 | 14:09 WIB
Indonesia Kembali Kirim Tim ke Kompetisi Desain Internasional (Foto: Kemendag)
Indonesia Kembali Kirim Tim ke Kompetisi Desain Internasional (Foto: Kemendag)

Indonesia kembali akan mengirimkan tim ke Kompetisi Desain Internasional G-Mark pada 30 Juli -1 Agustus 2019 di Tokyo, Jepang.

Para pemenang yang dikirim telah melalui proses  ajang Good Design Indonesia (GDI) 2019. Tahun, ini, pemenang GDI terbagi dalam tiga predikat, yaitu GDI of the Year, GDI Best, dan GDI. 

Pada  G-Mark 2018, sebanyak Tujuh produk Indonesia berhasil meraih penghargaan G-Mark ke-62. Ketujuh produk tersebut terdiri dari satu produk yang berhasil meraih G-Mark Best 20 dan enam produk pemenang G-Mark Good Design.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda berharap,  tahun ini lebih banyak lagi produk Indonesia yang akan mendapatkan penghargaan di G-Mark 2019. "Predikat G-Mark membuat produk Indonesia akan lebih mudah memasuki pasar global khususnya Jepang,” ujarnya. 

Ia menegaskan, oemberian penghargaan i diharapkan dapat mendorong munculnya produk Indonesia berbasis desain inovatif. "Cara ini bisa mendapatkan pengakuan global untuk dapat bersaing di kancah internasional," ujar Arlinda.

Tahun ini, Pemerintah menetapkan pemenang  produk peraih GDI of the Year yaitu Natha dari PT Bana Andaru. Sementara 14 pemenang GDI Best yaitu Blok Kayu Modular dari Permana, Buloo dari Saruga Package-Free, Citra dari PT Bana Andaru Nusantara, Drainage Cover dari Yanto Daryanto, Gateform C02 dari PT Centra Teknologi Indonesia, Laman Nupabomba-Rattan Campaign dari Akara Projects.

Lalu, Mini Roaster 100 dari PT Pudak Oriental Indonesia, Motor BLDC 5 kW dari PT Pindad, Norhouse dari Aaksen Responsible Aarchitecture, OJ-KIT dari Arintha Vysistha, Palamylea Watch dari Pala Nusantara X Mycotech, Reka Arm Chair dari Alfath Kurniadi, Suspension Active Stabilizator dari PR Multi Prima, dan Riool dari PT Pindad, serta Tridolbag dari Don Gunarto.

Selain itu, terdapat 15 produk yang mendapat predikat GDI yang terbagi dalam 10 kategori yaitu furnitur dan perlengkapan rumah, peralatan rumah tangga, kesehatan dan hobi, perlengkapan sehari-hari, perlengkapan dapur, mobilitas, produk untuk perawatan medis dan manufaktur, perumahan, konstruksi atau interior untuk industri fasilitas komersial dan publik, dan media, contents, package.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X