The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wapres: Teori Konspirasi Bikin Banyak Orang Tak Percaya Pandemi Covid-19
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (photo/Instagram/@kyai_marufamin)
News

Wapres: Teori Konspirasi Bikin Banyak Orang Tak Percaya Pandemi Covid-19

Jumat, 25 Juni 2021 17:19 WIB 25 Juni 2021, 17:19 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Presiden RI, (Wapres) Maruf Amin mengatakan Indonesia menghadapi banyak tantangan. Salah satunya adalah adanya disrupsi karena kemajuan teknologi.

"Di antara tantangan-tantangan yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah disrupsi yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berbasis digital yang telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat. Baik dalam cara berkomunikasi, bertransaksi, dan bahkan dalam cara berdakwah," kata Maruf saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Besar Mathla'ul Anwar dan Muslimat Mathla'ul Anwar Masa Khidmat 2021-2026 melalui konferensi video, Jumat (25/6/2021).

Ma'ruf Amin menyebutkan, kemajuan teknologi ini bisa menembus batas geografis, sosial, ekonomi dan tidak terkendala oleh perbedaan zona waktu karena semuanya bisa diakses secara real time.

Akan tetapi, ia menyoroti kemajuan teknologi yang memberikan dampak buruk atau negatif. Salah satunya mengenai hoaks atau berita palsu yang beredar di masyarakat.

"Meskipun kemajuan teknologi tersebut banyak membawa manfaat namun pada saat yang sama dapat juga membawa dampak negatif seperti masuknya arus informasi kebohongan (hoaks), penipuan, fitnah, provokasi dan bahkan konten-konten yang berisi ajaran sesat serta ajaran ekstrem baik kanan maupun kiri," ujarnya.

Bahkan ia mengatakan, saat ini banyak orang yang tak percaya pandemi Covid-19 karena terpengaruh teori konspirasi.

"Sebagai akibatnya kita menyaksikan banyak kalangan yang menjadi korban seperti ketidak-percayaan sebagian masyarakat terhadap pandemi COVID-19 karena terpengaruh provokasi teori konspirasi," katanya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US