Cuaca Ekstrem, Wagub DKI Minta Warga Jakarta Siap Siaga Banjir

- Rabu, 8 September 2021 | 10:31 WIB
Suasana banjir yang menggenangi Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE)
Suasana banjir yang menggenangi Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat untuk siap siaga dalam menghadapi musim penghujan yang mulai terjadi belakangan ini.

Riza meminta masyarakat tetap waspada imbas dari cuaca ekstrem yang terjadi, yakni seperti banjir yang hampir setiap tahun melanda sejumlah wilayah di ibu kota.

"Masyarakat harus siap siaga terutama di daerah-daerah yang setiap tahunnya tergenang oleh air akibat banjir rob kiriman, banjir lokal dan sebagainya," ucapnya di Balai Kota DKI, Rabu (8/9/2021).

Di tengah intensitas curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini, politikus Partai Gerindra ini juga meminta jajarannya untuk siaga melakukan berbagai pencegahan terjadinya banjir di sejumlah wilayah yang rawan.

"Prinsipnya kami minta semua jajaran siap siaga," tandas Riza Patria.

Diberitakan sebelumnya, BMKG menghimbau pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

BACA JUGA: Blok di Lapas Tangerang yang Terbakar Dihuni 122 Orang

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, puncak musim hujan periode 2021/2022 sendiri diprediksi akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022.

“Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi,” ungkap Dwikorita.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X