IDI Tegaskan Pemecatan Terawan Bukan karena Vaksin Nusantara

- Senin, 4 April 2022 | 20:36 WIB
Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) membantah pemecatan dr Terawan Agus Putranto sebagai anggota terkait vaksin Nusantara. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi dalam RDPU dengan Komisi IX DPR, Senin (4/4/2022).

“Perlu kami sampaikan juga sekali lagi kami juga pernah menyampaikan juga di media, hal yang terkait dengan kasus beliau ini, pak. Ketetapan ini, tidak ada  kaitannya dengan Vaksin Nusantara," kata Adib di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Adib menekankan bahwa keputusan pihaknya memecat Terawan bukan karena vaksin buatan nasional, karena IDI tidak terlibat dalam pengembangan Vaksin Nusantara.

Baca juga: Vaksinasi saat Puasa, Ini Saran Waktu yang Baik Supaya Tidak Merasakan KIPI dari Reisa

“Jadi kalau ini disampaikan ini ada konspirasi, saya berani menjamin dari IDI tidak terlibat dalam proses yang berkaitan dengan vaksin,” bebernya.

Sebelumnya diwartakan, mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diberhentikan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pusat. Keputusan ini merupakan rekomendasi dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI).

Kabar pemberhentian Terawan pertama kali muncul usai Epidemiolog, Pandu Riono membagikan video yang berasal dari Muktamar ke-31 IDI di Banda Aceh.

“Terawan diberhentikan secara permanen dari keanggotaan IDI, salah satu keputusan Muktamar XXXI di Kota Banda Aceh,” tulisnya, Jumat (24/3/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X