Cerita Rico Pramono Dirikan Senayan Skateboarders: Bikin Arena Skate Sendiri di GBK

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 16:13 WIB
Talkshow bersama senior skateboarder Rico Pramono (tengah) di SK8TURDAY. (Indozone/M Fadli)
Talkshow bersama senior skateboarder Rico Pramono (tengah) di SK8TURDAY. (Indozone/M Fadli)

Pendiri Senayan Skateboarders, Rico Pramono menceritakan awal mula pembentukan komunitasnya yang kini sudah berdiri selama lebih dari seperempat abad atau 25 tahun. Ia menyebutkan, Senayan Skateboarders terbentuk pada 1994.

Pada awal 1990-an Rico dan teman-temannya yang suka skateboard tidak memiliki wadah atau organisasi. Mereka hanya sebatas berkumpul dan bermain skate di Senayan.

"Awal-awal ada wadahnya itu sekitar 1993 atau 1994, awalnya (namanya) Jakarta Skateboard Asosiasi," ucapnya di sela-sela kompetisi acara 'SK8TURDAY Vol 6', di Crooz Box Park, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (11/12/2021).

"Zaman itu yang main skateboard enggak banyak, jadi kenapa diambil di Senayan karena di pusat, dari mana-mana dekat lah," tambah Rico.

Ia pun menceritakan, pada awal mereka membentuk komunitas itu, belum terdapat fasilitas untuk bermain, yakni skatepark di Jakarta. Sehingga, Rico dan rekan-rekannya membuat sendiri arena untuk bermain skate.

Baca juga: Perlengkapan Skateboard untuk Pemula, Dari yang Standar hingga Upgrade

"Dulu kita DIY bikinnya dari rel sendiri, piramid sendiri, dari organisasi itu kita patungan, beli alat sendiri, karena zaman itu belum ada sama sekali skatepark di Jakarta," katanya menerangkan.

"Referensinya dari luar (Indonesia) semua, dan dulu kan belum ada internet, jadi kita dari video skate bentuknya kayak VCD, terus dari majalah yang jadi referensi," ujar Rico.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X