Sederet Pegawai KPK yang Banting Setir usai Dipecat, Jadi Petani Hingga Peternak Kambing

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:11 WIB
Pegawai KPK beralih profesi jadi petani hingga peternak kambing. (Twitter/@paijodirajo)
Pegawai KPK beralih profesi jadi petani hingga peternak kambing. (Twitter/@paijodirajo)

Per 30 September 2021, sebanyak 57 pegawai KPK resmi diberhentikan oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK). Sebelumnya, 57 pegawai tersebut sempat mengikuti tes wawasan kebangsaan (TWK) dan dinyatakan tidak lulus.

Selain diberhentikan karena tidak lulus TWK, muncul isu bahwa puluhan pegawai yang dipecat tersebut berkaitan dengan Taliban.

Sejak diberhentikan, sejumlah pegawai KPK mulai beralih profesi. Ada yang menjadi tukang nasi goreng, jualan online hingga merintis usaha ternak kambing.

Selain itu, ada pula yang memilih menjadi petani jagung membantu keluarga di kampung halaman. Sejumlah pegawai KPK tersebut telah memilih jalannya masing-masing untuk melanjutkan hidup setelah angkat kaki dari lembaga antirasuah tersebut.

Baca juga: Denny Siregar Sebut Taliban di KPK Tak Sekadar Isu, Febri Diansyah Beri Balasan Menohok!

Berikut kegiatan baru pegawai KPK setelah diberhentikan:

1. Tigor Simanjuntak Banting Setir Jadi Tukang Nasi Goreng

Juliandi Tigor Simanjuntak beralih profesi menjadi penjual nasi goreng setelah dipecat dari KPK. Dia sudah belasan tahun mengabdi di KPK dan 30 September kemarin jadi hari terakhirnya.

Tigor sebelumnya menjabat sebagai Fungsional Biro Hukum KPK. Kini, setelah melepas jabatan tersebut, Tigor berjualan nasi goreng di sekitar rumahnya di daerah Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat.

Tigor sendiri selama ini dikenal sebagai sosok aktivis gereja yang rendah hati.

2. Rasamala Aritonang Pulang Kampung Jadi Petani Jagung

Bernasib sama seperti Juliandi Tigor Simanjuntak, Rasamala Aritonang juga didepak dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Setelah diberhentikan dari KPK, Rasamala memilih pulang ke kampung halaman di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dan membantu keluarga bertani.

Dia beralih profesi menjadi petani jagung. Selain bertani, di kampung halaman Rasamala juga mengurus bebek dan ayam.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X