The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sederet Pegawai KPK yang Banting Setir usai Dipecat, Jadi Petani Hingga Peternak Kambing
Pegawai KPK beralih profesi jadi petani hingga peternak kambing. (Twitter/@paijodirajo)
News

Sederet Pegawai KPK yang Banting Setir usai Dipecat, Jadi Petani Hingga Peternak Kambing

Rabu, 13 Oktober 2021 15:11 WIB 13 Oktober 2021, 15:11 WIB

INDOZONE.ID - Per 30 September 2021, sebanyak 57 pegawai KPK resmi diberhentikan oleh Komisi Pemberantasan korupsi (KPK). Sebelumnya, 57 pegawai tersebut sempat mengikuti tes wawasan kebangsaan (TWK) dan dinyatakan tidak lulus.

Selain diberhentikan karena tidak lulus TWK, muncul isu bahwa puluhan pegawai yang dipecat tersebut berkaitan dengan Taliban.

Sejak diberhentikan, sejumlah pegawai KPK mulai beralih profesi. Ada yang menjadi tukang nasi goreng, jualan online hingga merintis usaha ternak kambing.

Selain itu, ada pula yang memilih menjadi petani jagung membantu keluarga di kampung halaman. Sejumlah pegawai KPK tersebut telah memilih jalannya masing-masing untuk melanjutkan hidup setelah angkat kaki dari lembaga antirasuah tersebut.

Baca juga: Denny Siregar Sebut Taliban di KPK Tak Sekadar Isu, Febri Diansyah Beri Balasan Menohok!

Berikut kegiatan baru pegawai KPK setelah diberhentikan:

1. Tigor Simanjuntak Banting Setir Jadi Tukang Nasi Goreng

Juliandi Tigor Simanjuntak beralih profesi menjadi penjual nasi goreng setelah dipecat dari KPK. Dia sudah belasan tahun mengabdi di KPK dan 30 September kemarin jadi hari terakhirnya.

Tigor sebelumnya menjabat sebagai Fungsional Biro Hukum KPK. Kini, setelah melepas jabatan tersebut, Tigor berjualan nasi goreng di sekitar rumahnya di daerah Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat.

Tigor sendiri selama ini dikenal sebagai sosok aktivis gereja yang rendah hati.

2. Rasamala Aritonang Pulang Kampung Jadi Petani Jagung

Bernasib sama seperti Juliandi Tigor Simanjuntak, Rasamala Aritonang juga didepak dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Setelah diberhentikan dari KPK, Rasamala memilih pulang ke kampung halaman di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara dan membantu keluarga bertani.

Dia beralih profesi menjadi petani jagung. Selain bertani, di kampung halaman Rasamala juga mengurus bebek dan ayam.

3. Herbert Nababan Rintis Usaha Ternak Kambing dan bantu usaha online istri

Herbert merupakan satu dari 57 pegawai KPK yang diberhentikan KPK. Herbert merupakan penyidik senior di KPK yang bergabung melalui program Indoenesia Memanggil 1 (IM1).

Sejak angkat kaki dari KPK, ia kini disibukkan dengan usaha ternak kambing dan membantu istrinya jualan online.

Herbert semasa menjabat pernah menyusun buku yang berjudul "Buku saku untuk memahami korupsi dari sudut pandang Agama Kristen".

4. Harun Al Rasyid, mengelola pesantren

Setelah didepak dari KPK, Harun Al Rasyid yang merupakan mantan Penyelidik Utama KPK (Kasatgas) kini mengisi harinya dengan mengelola pesantren.

Pria yang akrab disapa Cak Harun itu memiliki pesantren di Bogor. Cak Harun merupakan bagian dari NU. Selain mengelola pesantren, ia juga sibuk mendistribusikan dagangannya ke sejumlah warung.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US