Hari Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat, Tentukan Awal Ramadan 1443 H

- Jumat, 1 April 2022 | 11:12 WIB
Rukyat hilal sebelum sidang isbat (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)
Rukyat hilal sebelum sidang isbat (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat untuk Awal Ramadan 1443 Hijriah secara hybrid pada hari ini Jumat, 1 April 2022.

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin memaparkan lantaran  pandemi Covid-19 masih melanda maka sidang Isbat bakal diselenggarakan secara hybrid.

“Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Kamaruddin dalam siaran persnya, Senin 14 Maret 2022 lalu.

Secara luring, kata dia, sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Untuk jumlah peserta yang hadir dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  Sementara, sebagian peserta lainnya, akan berpartisipasi melalui telekonferensi melalui jaringan internet. 

Baca Juga: Vaksin Nusantara Jadi Salah Satu Alasan Terawan Dipecat IDI, Politisi PDIP Malah Pakai

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, ruang sidang telah disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker," bebernya. 

Sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming.

Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesi.

Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X