Hadiri Ibadah Paskah, Anies Bicara soal Penguatan Persatuan

- Minggu, 17 April 2022 | 12:18 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri Fajar Paskah GPIB Immanuel, Jakarta Pusat. (Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri Fajar Paskah GPIB Immanuel, Jakarta Pusat. (Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri Fajar Paskah Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta Pusat, pada Minggu dini hari (17/4/2022). 

Bagi Anies, momen Kebaktian Fajar GPIB Immanuel tersebut menjadi istimewa karena gereja bersejarah itu tah tuntas direvitalisasi dan kembali diresmikan pada Desember 2021 lalu. 

“Kebaktian Fajar GPIB Immanuel merupakan tradisi dan kami bersyukur bahwa Gereja Immanuel pagi ini memiliki wajah baru yang teduh dan memancarkan kebahagiaan bagi kita semua,” ucap Anies. 

“Berdiri di tempat ini merasakan sebuah suasana yang amat berbeda, setiap tahun diikhtiarkan untuk datang. Kali ini cukup unik, karena revitalisasi telah tuntas,” tambahnya. 

Anies menjelaskan bahwa revitalisasi gereja bukan sekadar melakukan pemugaran pada fisiknya semata. Melainkan, lebih dari itu, Gereja Immanuel harus menjadi tempat bagi kegiatan dan memberikan keteduhan baik bagi pengurus maupun jemaatnya. 

“Sebuah gereja bukan hanya tentang bangunan, sebuah gereja adalah tentang jemaat yang ada di sana, tentang kegiatan, doa dan cahaya keteduhan, kedamaian kepada semua yang melingkupinya,” tutur Anies. 

“Karena itu, amat bersyukur bagian dari tugas kita (Pemprov DKI Jakarta) sudah ditunaikan ketika revitalisasi ini selesai. Sisi selatan yang dulu jarang diperhatikan, sekarang menjadi tempat cahaya itu memancar dengan amat indahnya,” lanjutnya. 

BACA JUGA: Persija Tak Dilibatkan dalam Laga Perdana di JIS, PSI: Seperti Ngekos di Rumah Sendiri

Lebih lanjut, Anies juga berharap agar keteduhan dan kedamaian yang salah satunya dihadirkan Gereja Immanuel juga dapat dirasakan seluruh warga Jakarta. Sehingga, harapannya kedamaian dan persatuan dapat semakin diperkuat. 

“Kami menginginkan suasana di Jakarta dapat terus memfasilitasi tumbuhnya persatuan dan menguatkan persatuan tersebut, karena kebhinekaan adalah karunia Tuhan, tapi persatuan adalah usaha manusia," ungkap Anies. 

"Karena itu, kami garis bawahi kalimat penting Bhinneka Tunggal Ika dan kata kunci yang harus diikhtiarkan adalah Tunggal yang artinya satu. Kami bersyukur dan terima kasih jemaat dan pengurus GPIB Emanuel telah menjadi bagian dari kota Jakarta yang terus menjaga suasana persatuan itu,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X