The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Demi Optimalkan Progam UMKM, Menteri Investasi Dorong Generasi Muda Jadi Pengusaha
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/2021). (photo/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
News

Demi Optimalkan Progam UMKM, Menteri Investasi Dorong Generasi Muda Jadi Pengusaha

Senin, 14 Juni 2021 17:35 WIB 14 Juni 2021, 17:35 WIB

INDOZONE.ID -  Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia menyebutkan pemerintah mendorong generasi muda untuk menjadi pengusaha demi pengoptimalan program pemerintah terkait usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

"Kami mendorong anak-anak muda untuk jadi pengusaha, karena yang produktif nanti adalah yang muda-muda ini. Membentuk pengusaha by design, di mana basis-basisnya dari kampus dan SMK, setelah itu mereka bisa didorong ke sana (dunia usaha)," kata Menteri Bahlil dalam acara bincang virtual, Senin (14/6) dikutip dari ANTARA.

"Ini adalah yang harus dilakukan untuk Indonesia Emas 2045. Dan seiring waktu berjalan, produk dan regulasi akan menjadi lebih baik, keberpihakan pemerintah juga akan semakin menguatkan," imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa UMKM memiliki peran strategis dalam roda dan ekosistem ekonomi nasional.

Baca juga: Dua Pejabat Masjid Nabawi Dipecat karena Salat Subuh Tertunda 45 Menit

"Posisi UMKM itu strategis, baik di dalam struktur ekonomi nasional maupun pemerataan," kata dia.

"Pemulihan ekonomi nasional itu berasal dari konsumsi. Dan, kalau UMKM itu 'ditarik', berarti meliputi dari demand, kepastian pendapatan, dan lapangan pekerjaan. UMKM ini strategis karena mampu menciptakan setidaknya 120 juta lapangan kerja," ujarnya menambahkan.

Menteri Bahlil mengatakan salah satu hal mendasar demi mewujudkan UMKM yang mampu berkompetisi di dalam maupun luar negeri, adalah bagaimana membuat bisnis lokal yang masih informal, menjadi formal. 

Sehingga, pelaku UMKM akhirnya mampu mendapatkan berbagai kemudahan pendanaan hingga insentif pemerintah lainnya dengan maksimal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US