The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Latihan Dimulai, KRI Martadinata dan CN-235 Satu Zona Tempur dengan Alutsista Rusia
Kapal perang anti-kapal selam Rusia. (TASS/Yuri Smityuk)
News

Latihan Dimulai, KRI Martadinata dan CN-235 Satu Zona Tempur dengan Alutsista Rusia

Hingga 3 Desember.

Rabu, 01 Desember 2021 14:43 WIB 01 Desember 2021, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Latihan perang bersama angkatan laut 10 negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dengan militer Rusia telah dimulai di wilayah perairan Sumatera. Masing-masing negara mengirim kapal perang andalan dalam latihan bersama yang akan berlangsung hingga 3 Desember 2021.

"Latihan-latihan itu tentang perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan itu," kata Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov dikutip dari TASS, Selasa (1/12/2021). 

Latihan bertajuk Arnex (ASEAN-Rusia Naval Exercise) 2021 ini menjadi catatan sejarah baru dalam kerja sama ASEAN dan Rusia yang telah berlangsung 30 tahun. Ivanov mengatakan, latihan bersama ini merupakan sebuah kemajuan dalam hubungan kedua belah pihak. 

"Kami membuka halaman baru dalam kemitraan strategis kami," katanya. 

Dalam keterangan tertulis Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, latihan akan berlangsung di Perairan Belawan hingg Sabang. Adapun alat utama sistem senjata (alutsista) yang dikirimkan Indonesia dalam latihan ini di antaranya KRI RE Martadinata-331, pesawat CN-235, dan satu helikopter Panther. 

Negara-negara lain juga mengirimkan kapal perangnya masing-masing. Singapura mengirimkan RSS Vigour, Malaysia dengan KD Lekiu serta satu helikopter Superking, Thailand dengan HTMS Kraburi jenis Fregat, Myanmar dengan UMS Kyan Sit That jenis Fregat, Vietnam dengan LY Thai To, dan Brunei dengan KDB Daruttaqwa dari jenis Korvet.

Adapun Rusia melibatkan kapal perang anti-kapal selam Admiral Panteleyev, dan satu Helikopter KAMO. 

TAG
Gema Trisna Yudha
JOIN US
JOIN US