Soal Fasilitas Isoman di Hotel, Pengamat Politik Minta DPR Isoman di Rumah Kalau Tak Parah

- Rabu, 28 Juli 2021 | 16:59 WIB
Karyawan merapikan kamar di Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Karyawan merapikan kamar di Hotel Santika Premiere Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (7/7). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pengamat Politik Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengomentar keputusan Sekjen DPR yang menyediakan fasilitas isolasi mandiri (isoman) bagi anggota DPR yang terpapar Covid-19.

Dia menilai sebaiknya anggota DPR melakukan isoman di rumah saja kalau tidak menunjukkan gejala berat atau tidak sedang darurat.

"Kalau tidak betul-betul darurat bisa isoman di rumah saja," ujar Ray, Rabu (28/7).

Menurut Ray, ada beberapa alasan mengapa keputusan menyediakan fasilitas isoman di hotel bagi anggota DPR yang terpapar Covid-19 sangat tidak tepat.

Pertama, Ray mengatakan bahwa keputusan tersebut sangat tidak mencerminkan pengamalan semangat nilai-nilai Pancasila yang selama ini disuarakan, terlebih lagi untuk persoalan keadilan.

Sebagai wakil rakyat, anggota DPR sebaiknya tidak mendapat perlakuan yang berbeda dengan masyarakat di tengah kondisi seperti sekarang ini.

Kedua, Ray mengatakan alasan isoman di rumah dinas yang dianggap mengganggu atau dikhawatirkan menularkan tetangga kurang tepat. Hal itu sama saja seperti melegitimasi persekusi sebagian kalangan masyarakat terhadap pasien isoman hingga tenaga kesehatan dari rumah mereka seperti yang telah terjadi di sejumlah daerah.

Ketiga, Ray mempertanyakan alasan teknis mengenai isoman di hotel bagi anggota DPR, yakni mengenai sejauh mana pengalihan dana dari anggaran DPR benar-benar dapat dilakukan.

Untuk itu, Ray menyarankan agar anggota DPR harus lebih memperlihatkan solidaritas kepada masyarakat di tengah situasi saat ini, khususnya ketika berbicara mengenai pelaksanaan isoman yang dilakukan masyarakat dan kerap menemui kendala.

Keputusan Sekjen DPR untuk menyediakan fasilitas isoman di hotel bagi anggota DPR yang terpapar Covid-19 mendapat pertentangan dari berbagai pihak. Salah satunya budayawan Sudjiwo Tedjo.

Melalui akun Twitternya @sudjiwotedjo, dia memberikan sindiran soal fasilitas isoman di hotel bagi anggota DPR. Dia menyebut fasilitas isoman yang tidak ditanggung negara seperti yang dilakukan kebanyakan masyarakat Indonesia merupakan isoman yang sangat sempurna.

"Wakil rakyat isolasi mandiri tapi ditanggung negara! Tak ditanggung negara berarti isolasi Super-Mega-Gala Mandiri," cuit dia dikutip Indozone, Rabu (28/7).

Dia kemudian mengucapkan selamat kepada masyarakat yang selama ini telah melakukan isoman tanpa ditanggung negara seperti anggota DPR.

"Selamat kepada atasan Wakil Rakyat, yaitu Rakyat yang melakukan Isolasi-super-big-mega-gala Mandiri," lanjut dia.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X