Simone Biles Mundur dari Olimpiade untuk Fokus Kesehatan Mental, Ini Profilnya

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:52 WIB
Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles. (Instagram/@simonebiles)
Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles. (Instagram/@simonebiles)

Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles membuat geger karena keputusannya mundur dari Olimpiade. Ia mundur dari babak final beregu putri dan final individual all around putri di Olimpiade Tokyo 2020.

Keputusan mundur Simone Biles berawal setelah dia mendapat skor 13.766 yang merupakan skor terendahnya di Olimpiade pada Selasa, Selasa (27/7/2021). Ia mendapat skor tersebut ketika rotasi pertama dalam final beregu putri.

Setelah itu Biles langsung meninggalkan arena Ariake Gymnastic Centre. Ia kemudian mengatakan tidak bisa melanjutkan kompetisi karena mengalami stres yang luar biasa.

Ia sempat menulis dalam Instagram-nya tentang bebannya menjadi seorang atlet.

"Saya benar-benar merasa seperti beban dunia ada di pundak saya," kata Biles.

Biles akhirnya memutuskan mundur dari Olimpiade dengan alasan fokus pada kesehatan mental. Keputusan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak karena Biles dianggap mengutamakan kesehatan mentalnya di atas apapun.

"Saya harus fokus pada kesehatan mental saya dan tidak membahayakan kesehatan dan kesejahteraan saya," kata Biles.

Simone Biles sendiri bukan atlet baru. Namanya cukup dikenal karena telah memenangkan banyak medali, termasuk di Olimpiade.

Simone Biles lahir di Columbus, Ohio, Amerika Serikat pada 14 Maret 1997. Di usianya ke-24 tahun, Biles telah mendapatkan 30 medali dari ajang Olimpiade dan kejuaraan dunia.

Dilansir dari BBC, Biles pernah memenangkan lima gelar juara dunia berturut-turut, pada tahun 2011, 2014, 2015, 2018, dan 2019. Ditambah empat medali emas di Olimpiade Rio 2016.

Berdasarkan laporan Sportingnews, Biles telah memiliki 36 medali selama karirnya, ini termasuk 27 medali emas, lima medali perak, dan empat medali perunggu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X