The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapolri akan Rekrut 56 Eks Pegawai KPK, Demokrat: Cara Tepat Selesaikan Polemik
Anggota Komisi III DPR RI Hinca Pandjaitan. (Instagram/@hincaippandjaitanxiii)
News

Kapolri akan Rekrut 56 Eks Pegawai KPK, Demokrat: Cara Tepat Selesaikan Polemik

Rabu, 29 September 2021 15:07 WIB 29 September 2021, 15:07 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi III DPR RI Hinca Pandjaitan memandang langkah Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengajak 56 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah hal tepat.

Sebab, dengan diajaknya 56 pegawai lembaga antirasuah ini diharapkan dapat menyelesaikan polemik selama ini.

"Saya kira ini cara yang paling tepat untuk selesaikan soal itu (Polemik TWK). Sebab, pengabdian itu bisa di mana saja, dengan tetap menghormati karakter integritas, kemampuan, serta talenta teman-teman yang 50 sekian itu," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Dia mengatakan, dengan ditariknya para pegawai KPK yang tidak lolos TWK tersebut maka mereka akan kembali bekerja di lembaga penegak hukum. Ini pun bisa menjadi energi positif baru bagi Korps Bhayangkara.

Baca juga: 56 Eks Pegawai KPK yang Dipecat Bakal Direkrut Polri, Lemkapi: Itu Gagasan Bagus

"Toh sama-sama lembaga penegakan hukum, mungkin juga ini akan jadi baik bagi Polri, tambah energi baru, menambah kekuatan baru, dan tidak ada yang kehilangan, sebab semuanya sama-sama menegakkan hukum," urai Hinca.

Maka dari itu, Politikus Partai Demokrat ini memberikan apresiasi kepada Kapolri Jendral Listyo Sigit.

"Saya tidak ingin lagi kembali ke soal kemarin, ke belakang, kita mau lihatnya ke depan. Saya berharap teman-teman tunjukkan kemampuannya di situ. Saya kira mekanisme di Polri juga bisa begitu, saya kira itu oke, toh ini rumah kita bersama," ujarnya.

Hinca mengaku juga sudah mendengar bilamana Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui usul Kapolri yang ingin menarik 56 pegawai KPK itu. Menurut dia restu itu adalah langkah untuk mencari jalan keluar polemik.

"Saya dengar juga ada restu dari presiden, artinya bersepakat untuk mencari jalan keluar. Itu harus kita hargai, karena mentok terus, buntu terus,"ucapnya.

"Mari kita tiru air yang mengalir, kalau dia mentok, dia akan mencari jalannya sampai menemukan ujungnya. Saya anggap ini terobosan baru yang sekali lagi mudah-mudahan baik. Baik untuk Polri agar semakin bagus, dan teman-teman juga mengabdi di semua tempat,  masih sama, hal yang serupa," tambah Hinca.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan keinginannya untuk menarik 56 pegawai KPK yang tak lulus TWK sebagai ASN Polri. Sigit mengatakan niatan tersebut telah disampaikannya kepada Presiden Jokowi dan mendapat persetujuan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US