Brasil Selidiki Penyakit Sapi Gila pada Manusia

- Jumat, 12 November 2021 | 08:04 WIB
ANTARA/Reuters/as
ANTARA/Reuters/as

Infeksi penyakit sapi gila pada manusia diduga terjadi di Rio de Janeiro, Brasil. Dugaan ini mengemuka dari temuan dua kasus sapi gila yang dianggap tak lazim terjadi pada hewan.

"Otoritas Brazil sedang menyelidiki dua kasus dugaan penyakit sapi gila pada manusia di Rio de Janeiro," kata pejabat kesehatan setempat yang dilansir Antara dari Reuters, Jumat (12/11/2021).

Brasil telah melakukan langkah cepat untuk mengantisipasi kemungkinan penularan penyakit sapi gila pada manusia. Saat menemuakan penyakit sapi gila yang "tak biasa" pada 4 September 2021, Brasil memutuskan untuk menangguhkan ekspor daging sapi ke China

Kementerian Pertanian Brasil saat itu menyatakan dua kasus yang teridentifikasi di pabrik daging sapi di Negara Bagian Mato Grosso dan Minas Gerais, tidak terjadi karena pakan yang terkontaminasi. Kemunculan kasus sapi gila yang terjadi secara spontan ini menimbulkan pertanyaan, karena menjadi sesuatu yang tak lazim.

Kemarin, otoritas kesehatan di Rio de Janeiro menyebutkan bahwa institut biomedis federal Fiocruz menandai dua kasus "penyakit prion", yang dapat muncul tiba-tiba pada pasien lansia atau pada populasi lebih muda yang mengonsumsi daging tercemar.

Menurut mereka, dua kasus yang teridentifikasi pada warga di pinggiran Rio itu telah dirujuk ke otoritas kesehatan negara bagian. Usia kedua pasien tidak disebutkan.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X