Pemerintah akan Pindahkan Sisa RTH Jakarta ke Puncak, Wagub DKI: Keterbatasan Lahan

- Jumat, 12 November 2021 | 11:00 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan bahwa Ibu Kota memiliki keterbatasan lahan untuk membangun ruang terbuka hijau (RTH). Maka dari itu, ia pun mendukung pembangunan RTH dilakukan di daerah lain.

Hal tersebut diungkapkan Riza ketika menanggapi rencana pemerintah yang akan mengalihkan lokasi pembangunan RTH yang tersisa 21 persen di Jakarta, ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Jadi di DKI ini, ibu kota ini kita akan memiliki keterbatasan lahan. Jadi terkait RTH, tidak hanya RTH itu dihadirkan di Jakarta," ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Mantan Anggota DPR RI ini mengatakan, pemenuhan target pembangunan RTH sebesar 30 persen itu tidak hanya dapat dilakukan di daerah puncak, melainkan daerah-daerah penyangga lainnya.

Baca juga: Jakarta Masuk 50 Besar Kota Terbaik Penanganan Covid-19, Wagub DKI: Kami Bangga!

"Jadi termasuk di puncak di Bogor, di Bekasi, merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan dengan Jakarta. Harus saling mendukung daerah-daerah penyangga, dan dibutuhkan RTH yang lebih banyak dan lebih luas," katanya menerangkan.

Wacana pemindahan lokasi pembangunan RTH sempat dilontarkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil. Ia menyebutkan bahwa kekurangan capaian RTH sebesar 21 persen tak mungkin bisa dibangun di ibu kota.

Selain itu, pembangunan RTH di Puncak diyakini oleh Sofyan Djalil sebagai solusi untuk menangani masalah terkait longsor. Selain itu, rencana ini juga dapat menjadikan Puncak sebagai wilayah sumber air, dan meningkatkan perekonomian di sana.

"Kita akan mengubah konsep RTH karena sekarang di Jakarta tidak mungkin menambah 21% RTH yang tersisa,” ujar Sofyan A. Djali dalam keterangannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X