Brasil Menyelidiki Laporan Bahwa Vaksin Ditukar dengan Emas Ilegal

- Kamis, 15 April 2021 | 11:58 WIB
Penambang di Brasil tukar emas untuk dapatkan vaksin (Reuters)
Penambang di Brasil tukar emas untuk dapatkan vaksin (Reuters)

Brasil sedang menyelidiki laporan yang mengklaim bahwa emas yang ditambang secara ilegal sedang ditukar dengan vaksin Covid-19.

Jaksa federal di negara bagian Roraima, Brasil, sedang menyelidiki laporan bahwa emas yang ditambang secara ilegal sedang ditukar dengan vaksin Covid-19 di cagar alam Yanomami, dikutip dari Reuters.

Para pemimpin suku di wilayah Amazon telah mengeluhkan kesepakatan tersebut dan jaksa penuntut mengatakan mereka akan menyelidiki laporan tersebut sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap pengalihan suntikan vaksin yang ditujukan untuk masyarakat adat.

Brasil saat ini sedang mengalami salah satu gelombang terburuk pandemi virus corona yang diderita negara tersebut dan penduduk asli termasuk yang paling rentan.

Asosiasi Hutukara, yang mewakili masyarakat Yanomami, melaporkan masalah tersebut kepada jaksa dengan dukungan dari Instituto Socioambiental, sebuah organisasi non-pemerintah.

Asosiasi tersebut mengatakan seorang petugas kesehatan di distrik Homoxi memberikan vaksin penambang ilegal dengan imbalan emas. Pekerja tersebut juga menjual bensin dan generator kepada para penambang untuk mendapatkan emas, kata asosiasi tersebut.

“Suku Yanomami telah lama mengeluh bahwa bahan dan obat-obatan yang ditujukan untuk kesehatan adat dialihkan ke penambang kucing liar,” kata Dário Kopenawa Ianomâmi dari Hutukara dalam sebuah surat yang menguraikan keluhan resmi yang dikirim ke jaksa dan Kementerian Kesehatan.

Kasus lain melibatkan petugas kesehatan terpisah yang bertemu penambang di malam hari dan memberi mereka obat-obatan dengan imbalan emas, kata asosiasi itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X