Polisi Bermasalah Dengan Keluarga, Propam Bakal Cabut Izin Penggunaan Senpinya

- Jumat, 18 Februari 2022 | 16:03 WIB
Seorang anggota polisi sedang latihan menembak. (Dok. Polri)
Seorang anggota polisi sedang latihan menembak. (Dok. Polri)

Divisi Provesi dan Pengamanan (Div Propam) Mabes Polri menegaskan pihaknya bakal mencabut izin penggunaan senjata api (senpi) bagi para anggota polisi yang memiliki masalah keluarga. Hal itu dilakukan dengan alasan tersendiri.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Irjen Sambo meminta jajarannya untuk langsung menarik izin senpi dari polisi yang sedang memiliki masalah.

"Apabila ada anggota yang memegang senjata api kemudian bermasalah dengan keluarga, dengan lingkungannya, segera dicabut pada kesempatan pertama," kata Irjen Sambo dalam video di akun Instagram @divpropampolri seperti dilihat pada Jumat (18/2/2022).

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya aksi penyimpangan dalam penggunaan senjata Polri. Hal ini juga sekaligus untuk menjaga nama baik institusi Polri.

"Sehingga tidak berdampak pada institusi nantinya," beber Sambo.

Lebih jauh Sambo menyebut Propam Mabes Polri tidak bisa seterusnya memantau anggota polisi. Untuk itu dia menyebut pengawasan melekat yang ada pada polisi-polisi tersebut berperan sangat besar untuk melakukan pengawasan.

"Kami pengawas internal tidak akan bisa rutin, tapi pengawasan melekat dari pimpinan-pimpinan di tingkat unit dan satuan ini sangat penting untuk mengeceknya," pungkas Sambo.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X