Pimpinan MPR Minta Petugas Tak Arogan ke Masyarakat Saat Terapkan PPKM

- Kamis, 22 Juli 2021 | 16:57 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (photo/Instagram/@bambang.soesatyo)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. (photo/Instagram/@bambang.soesatyo)

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta aparat keamanan tidak bersikap arogan terhadap masyarakat saat menegakkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Saya meminta aparat dalam menegakkan aturan PPKM tidak dengan sikap arogan, terutama dalam menghadapi masyarakat lapis bawah dan para pedagang kecil," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikannya karena masih banyak laporan dari masyarakat terkait tindakan arogansi aparatur keamanan yang berlebihan dalam penerapan PPKM.

Sehingga ia meminta pemerintah dan kepala Kepolisian Indonesia untuk menindaklanjuti laporan itu dengan memanggil dan mengevaluasi petugas yang bersangkutan.

"Langkah itu untuk diklarifikasi jika terdapat tindak kekerasan maka aparat tersebut dapat diberikan tindakan indisipliner atau diberikan sanksi hukum. Hal ini agar menambah kepercayaan masyarakat terhadap petugas dan program pemerintah," ujarnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah untuk mempertimbangkan revisi Peraturan Daerah terkait pengendalian Covid-19 khususnya pada masa PPKM.

Hal itu menurut dia karena perspektif HAM harus menjadi prioritas bagi aparat ketika menegakkan Perda agar tidak terjadi konflik di lapangan.

"Keberadaan Kepolisian sebagai satuan keamanan yang tergabung dalam satuan tugas penanganan Covid-19 harus tetap mengedepankan cara-cara persuasif dalam mendisiplinkan sikap masyarakat selama masa PPKM," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X