Hasil Identifikasi Polisi, 150 Personel KKB di Papua Diperkirakan Terbagi Jadi 9 Kelompok

- Kamis, 20 Mei 2021 | 19:51 WIB
Ilustrasi KKB di Papua. (Istimewa).
Ilustrasi KKB di Papua. (Istimewa).

Mabes Polri menyebut jumlah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua berjumlah 150 orang. Dari hasil identifikasi, 150 orang tersebut diperkirakan terbagi menjadi sembilan kelompok.

"KKB di Papua tentunya TNI dan Polri sudah memetakan kelompok-kelompok tersebut. Mereka dibagi tujuh sampai sembilan kelompok yang terpencar di berbagai daerah," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Kamis (20/5/2021).

Ramadhan menyebut pihaknya sudah memetakan keberadaan KKB tersebut. Termasuk dalam hal kekuatan KKB yang juga sudah dipetakan.

BACA JUGA: Sadis! Begini Cara Pelaku Bantai 2 Anggota TNI di Papua

Meski sudah dipetakan, Ramadhan menyebut tidak mudah pihaknya melakukan penangkapan. Sebab, medan di Papua sangat sulit dilalui dan sangat luas.

"Sekali lagi adalah tantangan dan kendala adalah medan dari pada lokasi mereka bersembunyi adalah Medan yang luas, termasuk hutan yang lebat dan berbukit-bukit," beber Ramadhan.

Seperti diketahui, kelompok kriminal bersenjata di Papua kerap menebar aksi teror baik ke warga Papua maupun ke personel TNI-Polri. Pemerintah sendiri sudah menetapkan KKB sebagai kelompok teroris.

Terkini, Mabes Polri memberkan perkiraan jumlah personel KKB di Papua. Diperkirakan jumlah personel KKB mencapai 150 di luar simpatisan KKB yang belum diketahui jumlah totalnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X