Balita Ini Didiagnosis Idap Ensefalokel, Kelainan Langka saat Otak Berada di Luar Kepala

- Kamis, 1 Juli 2021 | 22:25 WIB
Balita ini mengidap penyakit langka. (Photo/Yayasan Sahabat Pedalaman)
Balita ini mengidap penyakit langka. (Photo/Yayasan Sahabat Pedalaman)

Yayasan Sahabat Pedalaman mengunggah penggalangan dana untuk balita bernama Arkhan Shakeil Alfarizi yang menderita kelainan langka. Pasalnya, balita yang disapa Arkhan itu didiagnosa mengalami Encephalocele atau disebut juga Ensefalokel.

Ensefalokel adalah sebuah benjolan yang tumbuh di luar tengkorak kepala berisi cairan otak atau jaringan otak. Cacat bawaan pada bayi ini terbilang jarang terjadi, dari 10.000 bayi diperkirakan hanya 1 - 5 bayi yang punya kemungkinan mengidapnya.

-
(Photo/Yayasan Sahabat Pedalaman)

Kondisi ini bisa membuat Arkhan berisiko terkena kelainan sistem saraf, gangguan penglihatan, dan juga nyeri yang luar biasa, sehingga harus dilakukan pengobatan segera. Saat ini kondisi Arkhan juga terus memburuk, suhu badannya tinggi dan ia terus menerus menangis.

-
(Photo/Yayasan Sahabat Pedalaman)

Baca juga: Fiksi Jadi Nyata, Mobil Terbang Pertama Ini Berhasil Menyelesaikan Penerbangan Antara Kota

Sang ayah yang bernama Jumadi, menyadari bahwa anaknya mengalami hal yang berbahaya. Namun, tak banyak yang bisa diperbuat, selain menjaga kepala Arkhan agar terhindar dari benda apapun yang mengganggu.

-
(Photo/Yayasan Sahabat Pedalaman)

"Kalau boleh tukar, saya aja gak apa-apa Mas yang ada di posisi Arkhan. Kasihan dia masih terlalu kecil untuk ujian sebesar ini," jelas ayahnya.

-
(Photo/Yayasan Sahabat Pedalaman)

Saat ini Arkhan dan keluarganya tinggal di Dusun Talang Ratau, Kecamatan Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Tak ada yang diharapkan kedua orang tuanya, selain kesembuhan untuk anak semata wayang mereka. - Mari bantu Arkhan dengan klik laman ini!

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X