Hersubeno Arief Dipolisikan soal Megawati Koma, Pimred FNN Membela

- Kamis, 16 September 2021 | 13:57 WIB
Wakil Ketua DPD PDIP Jakarta Ronny Talapessy di Polda Metro usai laporkan Hersubeno Arief. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Wakil Ketua DPD PDIP Jakarta Ronny Talapessy di Polda Metro usai laporkan Hersubeno Arief. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Forum News Network (FNN) membela Hersubeno Arief terkait kasus penyebutan Megawati Soekarnoputri dalam keadaan koma yang berujung dilaporkan ke polisi. FNN membela Arief lantaran Arief disebut wartawan dari FNN.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Pimpinan Redaksi FNN Mangarahon Dongaran. Mangarahon menyoalkan terkait hal yang dilaporkan ke polisi, padahal hal tersebut merupakan produk jurnalistik.

Baca Juga: Sebut Megawati Koma, PDIP DKI Polisikan Hersubeno Arief

"Bahwa konten channel Youtube Hersubeno Point, FNN merupakan produk jurnalistik dari FNN. Segala sesuatunya diatur dan tunduk pada UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers," kata Mangarahon dalam keterangan tertulisnya yang didapat Indozone dari Hersubeno Arief, Kamis (16/9/2021).

Mangarahon menyebut konten di disoalkan oleh PDIP DKI Jakarta hingga melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya tidak lah tepat. Sebab, Mangarahon menyebut konten yang disoalkan bukan merupakan bentuk penyebaran berita hoaks.

"Secara keseluruhan konten berjudul 'Ketum PDIP Megawati Dikabarkan Koma dan dirawat di RSPP' yang di-upluod hari Kamis, 9 September 2021 dengan durasi 12.43 menit sama sekali tidak mengandung unsur hoaks tetapi menyajikan adanya informasi berita di berbagai platform percakapan, medsos dan portal media," beber Mangarahon.

Salah satu contohnya yakni ucapan Hersubeno yang mengaku mendapat WA dari dokter mengenai kabar Megawati koma. Di konten tersebut, dia menyebut Hersubeno sempat mengatakan jika kabar tersebut masih harus diklarifikasi kembali.

"Dalam konten tersebut sebagai penutup juga ditampilkan berita yang dikutip dari portal Tempo.co tentang bantahan dari Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto bahwa Ibu Megawati dirawat di Rumah Sakit. Jadi sekali lagi sangat jelas tidak ada sama sekali unsur menyebar hoaks, kabar bohong sebagaimana dilaporkan," kata Mangarahon.

Tak sampai disitu, Mangarahon menyebut pihaknya juga sempat memuat informasi terkait Megawati dalam keadaan sehat. Informasi yang disampaikan diklaimnya dalam bentuk untuk dengan durasi panjang.

"Pernyataan Megawati yang disampaikan pada pembukaan TOT Kader PDIP pada Jumat, 10 September 2021 dimuat pada hari yang sama dengan judul 'Breaking News! Ketum PDIP Megawati Sehat Wal Afiat'. Pernyataan Ibu Megawati kami muat secara utuh dengan durasi sepanjang 9.18 menit," pungkas Mangarahon.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X