Seperti Naiki Angkot, Video Pesawat Militer AS Diserbu Massa Mau Kabur dari Afghanistan

- Senin, 16 Agustus 2021 | 18:10 WIB
Pesawat militer Amerika Serikat saat diserbu oleh kerumunan massa yang ingin meninggalkan Afghanistan. (Twitter/TOLOnews)
Pesawat militer Amerika Serikat saat diserbu oleh kerumunan massa yang ingin meninggalkan Afghanistan. (Twitter/TOLOnews)

Beginilah detik-detik pesawat militer Amerika Serikat dikerubungi manusia saat ingin lepas landas dari bandara di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021).

Tampak dalam video yang beredar di media sosial, para penumpang yang tidak bisa diangkut tetap mengikuti pesawat itu lepas landas.

Bahkan banyak di antara mereka mengitari pesawat itu di luar.

Di samping tampak ada yang berlari, beberapa di antara mereka ada yang naik di badan pesawat hingga sangat membahayakan keselamatan mereka.

-
Orang-orang naik di luar badan pesawat di Bandara Kabul. (Twitter)

 

Sepert yang dilansir Al Jazeera sedikitnya lima orang tewas di bandara Kabul saat ratusan orang yang putus asa ingin keluar dari negara itu mencoba memasuki pesawat secara paksa, kata saksi mata kepada Reuters.

Semua penerbangan komersial telah dibatalkan dari Bandara Internasional Hamid Karzai telah terjadi kekacauan ketika warga Afghanistan dan orang asing mencoba melarikan diri dari Afghanistan saat pejuang Taliban mengambil alih.

Seorang saksi mengatakan dia telah melihat mayat lima orang dibawa ke sebuah kendaraan, sementara saksi lain mengatakan tidak jelas apakah para korban dibunuh dengan tembakan atau diinjak-injak.

-
Orang-orang berlari mengejar pesawat di Bandara Kabul. (Twitter)

 

Para pejabat tidak tersedia untuk mengomentari kematian tersebut.

Perkembangan itu terjadi sehari setelah ibu kota Afghanistan jatuh ke tangan Taliban.

“Tidak jelas bagaimana orang-orang itu dibunuh. Kami tidak tahu siapa yang menembak di bandara. Mungkin staf bandara mencoba mengendalikan massa atau pasukan Taliban,” kata Charlotte Bellis kepada Al Jazeera yang melaporkan dari Kabul.

“Tetapi orang-orang telah meninggal dalam kepanikan ini. Di luar bandara, semuanya relatif lancar. Jalanan sangat sepi,” katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X