Masuk Tiga Besar Hasil Survei, PKB: Target Kita Dua Besar di Pemilu 2024

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 13:46 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (Instagram/@jazilulfawaid_real)
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (Instagram/@jazilulfawaid_real)

Survei Charta Politika Indonesia menghasilkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di posisi ketiga di bawah PDIP dan Gerindra. Adapun elektabilitas PKB berada di angka 9,4%.

Terkait hasil survei tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa PKB masih mendapatkan kepercayaan yang cukup tinggi dari masyarakat dan tidak terlalu kaget bahwa PKB berada di posisi tiga besar.

Pasalnya, sejumlah hasil survei lain sebelumnya juga menempatkan PKB di posisi tiga bahkan dua besar. Jazilul berujar dengan hasil survei Charta Politika ini memicu pihaknya agar bekerja keras lagi untuk menggeser Partai Gerindra, sehingga PKB menjadi dua besar.

”Doa dan harapan kita tentu bagaimana bisa menjadi pemenang pemilu atau paling tidak bisa menggeser Gerindra di dua besar. Saya rasa masih ada waktu untuk mengejar menjadi dua besar,” kata Jazilul kepada wartawan, Jumat (13/8/2021).

Wakil Ketua MPR RI ini berujar, partainya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Sebab, secara struktur partai, saat ini PKB memiliki tingkat struktur hingga basis RW bahkan RT.

Selain itu, sambung dia, berbagai persiapan teknis juga terus dilakukan. Salah satunya yang saat ini sedang dipersiapkan adalah melakukan proses pencalegan dini.

”PKB mengajak kader-kader terbaik bangsa di seluruh Tanah Air untuk berjuang melalui PKB. Kami membuka pintu selebar-lebarnya. Kalau pada Pemilu 2019 PKB empat besar dan sekarang hasil survei tiga besar, artinya PKB punya peluang besar untuk terus meningkatkan perolehan suara. Ini menunjukkan ada kepercayaan publik atas kinerja PKB selama ini. Sebab, tidak munkin elektabilitas meningkat kalau kita tidak menunjukkan kinerja yang baik,” ujar dia.

Adapun pada Pemilu 2019 lalu, PDIP dan Gerindra juga berada di urutan teratas perolehan suara nasional. Saat itu, PDIP meraih 19,33% suara sementara Gerindra 12,57% suara. Di posisi tiga ditempati Partai Golkar yang memperoleh suara 12,31% dan PKB di posisi empat dengan meraih suara sebanyak 9,69%.

Sebelumnya diketahui Lembaga survei Charta Politika Indonesia mengeluarkan hasil survei terbaru perihal elektabilitas partai politik pada Kamis (12/8/2021). Hasilnya terdapat perubahan peta politik dalam tiga besar elektabilitas partai politik ini.

Adapun PDIP Perjuangan masih bertengger di urutan teratas dengan tingkat elektabilitas sebesar 22,8%, disusul Gerindra 17,5%. Sementara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyodok di posisi tiga besar dengan tingkat elektabilitas 9,4%.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X