Petugas Bandara Gagalkan Penyelundupan 22 Ekor Anak Buaya, Alamat Pengiriman Palsu

- Kamis, 1 April 2021 | 18:03 WIB
Petugas menunjukkan 22 anak buaya muara di Riau yang gagal diseludupkan (Antara)
Petugas menunjukkan 22 anak buaya muara di Riau yang gagal diseludupkan (Antara)

Sebanyak 22 ekor anak buaya yang akan diselundupkan melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Provinsi Riau berhasil digagalkan oleh petugas Avsec 

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono penyelundupan itu terbongkar setelah petugas melakukan pemeriksaan melalui mesin X Ray, pada Rabu (24/03/2021).

"Petugas curiga maka mereka membuka paket tersebut dan setelah dibuka terdapat 22 ekor anak buaya muara yang dikemas dalam 8 kantong plastik," sebutnya Kamis (1/4/2021).

Dari 22 ekor buaya muara itu, katanya menyebutkan, ada 7 ekor dalam kondisi mati, sisanya masih hidup.

Setelah berhasil diamankan, pihak Avsec bersama Polhut Balai Besar KSDA Riau bersama-sama membawa barang bukti tersebut ke Pos Jaga Bandara Balai Besar KSDA Riau dan dilakukan serah terima hewan itu, Rabu (31/3/2021).

Kemudian barang bukti buaya dibawa ke Klinik Transit Satwa Balai Besar KSDA Riau untuk dilakukan perawatan sementara dan pengecekan kondisi kesehatan satwa

Sedangkan buaya muara yang mati sebanyak 7 ekor disimpan di Freezer Klinik Transit Satwa.

Suharyono mengatakan, paket tersebut dikirim dari wilayah Bengkalis atas nama Rendi dan bertujuan ke wilayah Cakung Barat, Cakung Jakarta Timur atas nama Johan melalui jasa pengiriman TIKI.

Sementara itu, berdasarkan hasil koordinasi dengan BKSDA DKI Jakarta diperoleh bahwa informasi alamat tujuan adalah alamat perorangan dan bukan alamat nama yang tercantum dalam tujuan.

"Setelah dilakukan perawatan selama kurang lebih 7 hari, maka pada hari Rabu, (31/03) kemarin hewan tersebut dilepasliarkan ke salah satu kawasan konservasi di Provinsi Riau," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X