Heboh Profesor Hadi Pranoto, Ini Makna Profesor Sebenarnya, Tak Ada Profesor Freelance

- Selasa, 4 Agustus 2020 | 14:59 WIB
Kiri: Hadi Pranoto. (instagram/@duniamanji). Kanan: Ilustrasi seorang profesor. (What's Trending)
Kiri: Hadi Pranoto. (instagram/@duniamanji). Kanan: Ilustrasi seorang profesor. (What's Trending)

Sejak jadi narasumber Anji, dalam video yang diunggah di YouTube dengan judul "Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!", nama Hadi Pranoto jadi perbincangan netizen.

Pria yang disebut bergelar profesor ini mengklaim sudah menemukan obat Covid-19. Dalam video yang diunggah Anji di kanal YouTube-nya, Hadi Pranoto mengaku sebagai pakar mikrobiologi.

Namun, data atau informasi tentang Prof. Hadi Pranoto sangat sulit ditemukan di mesin pencarian Google atau internet.

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video yang dirilis pada Jumat (31/7/2020).

Keterangan rinci tentang sosok Hadi Pranoto memang sulit untuk dicari. Namun, di depan Anji, Hadi mengaku telah menemukan obat Covid-19 lewat penelitian yang dilakukannya.

"Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala, dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat," ungkapnya kepada Anji.

Dilihat dari laman resmi data dosen pddikti.kemdikbud.go.id, nama Hadi Pranoto memang ada ditemukan, namun tak ada nama yang menekuni bidang Mikrobiologi.

Rupanya, gelar yang dipakai Hadi Pranoto, yaitu profesor membuat seorang warganet angkat bicara dan menjelaskan apa itu profesor.

Lewat akun Twitter-nya tey_saja, warganet bernama Terry Perdanawati ini menjelaskan bahwa profesor adalah jabatan fungsional bukannya gelar akademik.

"Gara2 video yg ada “profesor” itu aku jd sadar klo msh bnyk yg belum tau klo profesor itu jabatan fungsional, bukan gelar akademik," tulis Terry mengawali threadnya.

"Jd klo org bilang dia profesor berarti logikanya dia berafiliasi dgn kampus & bs dicari infonya di kampus tersebut. Gak ada profesor freelance," sambungnya.

Lewat thread itu, Terry juga menjelaskan bahwa gelar akademik itu seperti sarjana (S1), master (S2), dan doktor (S3). Gelar itu kata Terry di dapat dari proses kuliah hingga lulus.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X