Beri Pesan, NasDem: Santri Punya Peran Penting Pertahankan Kemerdekaan

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 00:53 WIB
  Sejumlah santri mengikuti kegiatan doa Istighosah di Pondok Pesantren An-Nuqthah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (22/10/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Fauzan)
Sejumlah santri mengikuti kegiatan doa Istighosah di Pondok Pesantren An-Nuqthah, Kota Tangerang, Banten, Kamis (22/10/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Fauzan)

Di peringatan Hari Santri Nasional, DPP Partai NasDem menilai para santri menjadi salah satu bagian yang bisa mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPP Partai NasDem, Lathifa Al Anshori, di Jakarta, Kamis (22/10/2020). Ia juga mengatakan bahwa peran santri juga penting untuk membangun bangsa Indonesia di zaman yang kian modern.

Maka dengan adanya perkembangan teknologi digital, kini santri yang bertahun-tahun digembleng untuk mendalami ilmu agama, setelah keluar dari pesantren tidak perlu lagi bersusah payah terhubung dengan almamater, pun untuk mengecek kitab-kitab lama.

"Karena media sosial sudah berkembang pesat dan banyak buku sudah dibuat versi digitalnya," kata Alumni Pondok Pesantren Mambaus Shalihin wa Muta'alimin, Suci, Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Sementara itu, dilansir dari Antara, Kamis (22/10/2020), santri di era modern merupakan hal yang bisa mengembangkan diri karena sekarang sudah banyak sekali tersedia aplikasi dan inisiatif yang merangkul santri untuk berkembang bersama di mana sekalipun nantinya terjun ke dunia bisnis, mereka tetap dapat berada dalam jalurnya sebagai santri di era yang modern ini.

Namun pada dasarnya, santri di generasi saat ini harus terlebih dahulu memahami tentang transformasi digital yang mulai terjadi di Indonesia, utamanya dari sisi positif dan negatifnya era digital.

"Di tahun 2020 kita melihat transformasi digital sudah semakin sukses. Di situ tentu membuat kita, termasuk para santri, perlu lebih mawas diri dan lebih mengetahui apa saja dalam dunia digital," terangnya.

"Yang sebaiknya menjadi hal yang kita tekankan sebagai kelebihan karena modernisasi dan juga pembatasan adalah perihal pelindungan data pribadi. Jangan sampai teman-teman santri tidak tahu-menahu atau tidak mau tahu soal pentingnya data pribadi yang mereka miliki, di mana itu adalah hak privasi mereka," tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap nantinya para santri bisa bersiap untuk menghadapi tantangan masuk ke dunia kerja digital. Serta para santri diharapkan bisa menyesuaikan dan menjadi bagian dari talenta digital Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X