Fit and Proper Test Listyo Sigit Berlangsung Cepat, Komisi III DPR: Ini Formalitas

- Rabu, 20 Januari 2021 | 18:30 WIB
Komisi III DPR RI saat sidang Fit And Proper Test untuk Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Sekjen DPR).
Komisi III DPR RI saat sidang Fit And Proper Test untuk Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Sekjen DPR).

Sembilan fraksi yang ada di DPR telah menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk dilantik menjadi Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis.

Mengenai hal tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaedi Mahesa menegaskan bahwa proses fit and proper test kepada Listyo Sigit tidaklah tergesa-gesa dan tidak ada fraksi yang mempermasalahkan.

“Kalau ini formalitas memang formalitas, kenapa kalau dari pandangan semua fraksi tidak ada yang mempermasalahkan,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Apalagi, kata Desmon, semua fraksi sudah menyetujui makalah yang dipaparkan calon Kapolri ini dan tak ada alasan untuk menolak. Menurutnya hanya tinggal menunggu implementasinya saja dari makalah tersebut.

"Kalau baca makalah Presisi, tidak ada alasan apapun juga bagi fraksi fraksi di komisi III untuk menolak," ungkap Desmond.

“Jadi fraksi-fraksi sepakat presisi ini dapat dijalankan dengan sesuai apa yang dipresentasikan,” tambahnya.

Baca Juga: Modus Galang Dana buat Korban Bencana, 4 Remaja di Gowa Ini Kantongi Uang Sumbangan

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadier dalam fit and proper test tadi semua fraksi memberikan pertanyaan yang tajam kepada Listyo.

“Semua fraksi memberikan pertanyaan yang tajam bahkan memacu sampai halaman per halaman ditanyakan. Jadi fit and proper tadi apa yang disampaikan pak Desmond berjalan apa adanya tinggal bagaimana Kapolri baru mengimplementasikannya apa yang dipaparkan tentang Presisi tadi,” tutur Adies.

Sebelumnya diketahui, Komisi III DPR RI resmi menyetujui Komjen Listyo Sigit menjadi Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis. Hal tersebut usai Komisi III DPR menggelar fit and proper test kepada Listyo Sigit.

Awalnya sembilan fraksi yang berada di DPR memberikan pandangan mereka terkait fit and proper test Listyo. Hasilnya semua fraksi pun menyetujui Kabareskrim itu menjadi orang nomor satu di Polri.

Hingga akhirnya Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyebut bahwa semua fraksi telah setuju agar Listyo menjadi Kapolri dan menggantikan Idham Azis.

“Dengan demikian berdasarkan pertimbangan pandangan dan catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi, akhirnya pimpinan dan anggota komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari atas nama Kapolri Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjem Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri,” kata Herman Herry.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X