Salah Kaprah Pelaku Bom Bunuh Diri Mau Mati Syahid, Ternyata Kenalan Rizaldi Gembong JAD

- Senin, 29 Maret 2021 | 17:00 WIB
Pengantin bom bunuh diri pasutri L dan YSF saat terekam kamera. (Ist)
Pengantin bom bunuh diri pasutri L dan YSF saat terekam kamera. (Ist)

Sebelum meninggal saat jadi pengantin bom bunuh diri, pasangan suami istri meninggalkan pesan kepada orangtuanya yang jadi wasiat untuk pamit dan siap mati syahid.

Pemahaman yang salah kaprah soal ajaran mati syahid itu diungkap L suami YSF pelaku bom bunuh diri di depan gereja Katedral, Makassar, Minggu (29/3/2021).

Wasiat terakhir suami pengantin baru itu disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Polda Sulawesi Selatan, Senin (29/3/2021).

"Yang perlu kita informasikan bahwa saudara L ini sempat meninggalkan surat wasiat kepada orangtuanya," kata Jenderal Sigit dalam konferensi pers

Surat wasiat itu ditujukan untuk orangtua dari pelaku perempuan. Isi surat wasiat tersebut menyebutkan jika pelaku siap mati syahid.

"Isinya mengatakan bahwa yang bersangkutan berpamitan dan siap untuk mati syahid," beber Sigit.

Pasangan pengantin bom bunuh diri itu ternyata diketahui dinikahkan oleh tersangka teroris bernama Rizaldi sekitar enam bulan yang lalu.

Risnaldi yang diketahui juga sebagai gembong dan pemimpin dalam kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD), kini sudah ditangkap oleh Densus 88.

"Beberapa waktu lalu telah ditangkap di bulan Januari. Rizaldi ini kelompok JAD yang terkait dengan peristiwa di Gereja Katedral, Jolo di Filipina pada 2018," beber Sigit.

Seperti diketahui, sebuah ledakan yang berasal dari bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan.

Insiden itu terjadi sekitar pukul 10.28 Wita, Minggu, 28 Maret 2021.

Tercatat setidaknya belasan orang luka-luka akibat insiden ini. Bom bunuh diri itu meledak di luar gereja yang pada saat itu jemaat gereja sedang melakukan ibadah di dalam gereja.

Pelaku bom bunuh diri ini berjumlah dua yang sudah tewas. Diduga kuat mereka tergabung dalam jaringan teroris JAD.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X