Diduga Sejumlah Kades di Aceh Barat Korupsi Dana Desa Sebesar Rp 15 Miliar

- Senin, 18 Januari 2021 | 13:22 WIB
Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, Haji Ramli MS. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)
Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, Haji Ramli MS. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Disebutkan bahwa sejumlah kepada desa di Kabupaten Aceh Barat terindikasi melakukan tindak pidana korupsi dana desa dengan total kerugian keuangan negara mencapai Rp15 miliar lebih.

"Terungkap-nya kasus ini setelah pemerintah daerah menindaklanjuti laporan dari masyarakat, terkait adanya informasi penyelewengan dana desa oleh oknum kepala desa," kata Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS didampingi Sekretaris Daerah Marhaban di Meulaboh, Senin.

Terungkapnya kasus ini usai petugas auditor keuangan dari Inspektorat Kabupaten Aceh Barat, melakukan audit dana desa yang sudah dikucurkan pemerintah sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 lalu.

Tindak korupsi yang dilakukan oleh sejumlah kepala desa tersebut adalah penyelewengan anggaran, kegiatan fiktif, serta dugaan pelanggaran hukum lainnya.

Karena hal ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sudah menyerahkan temuan tersebut kepada kepolisian dan kejaksaan di daerah ini dengan tujuan dana dikembalikan ke kas negara dan pelaku mendapat sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Kita harapkan kepada Bapak Kajari dan Bapak Kapolres Aceh Barat agar jangan segan-segan mengusut kasus ini, saya yakin dan percaya penegakan hukum terhadap dugaan korupsi dana desa ini akan dapat dituntaskan," ujarnya menegaskan.

Ia juga mengakui, pemerintah daerah terpaksa menyerahkan kasus dugaan korupsi dana desa kepada aparat penegak hukum, karena sebagian aparat desa yang diduga telah menyelewengkan dana desa sesuai temuan audit Inspektorat Aceh Barat, tidak mau mengembalikan kerugian keuangan negara sesuai hasil audit.

"Karena para aparat desa ini tidak memiliki itikad baik untuk mengembalikan kerugian negara, maka dengan terpaksa kasus dugaan korupsi ini kita serahkan kepada aparat penegak hukum," demikian Bupati Ramli MS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X