Bersama AWS Academy, ITSB Siapkan Tenaga Kerja Ahli Sistem Komputer Cloud di BSD City

- Senin, 14 September 2020 | 18:10 WIB
ITSB dan Enigma Menggandeng AWS Academy (Photo/Sinar Mas Land)
ITSB dan Enigma Menggandeng AWS Academy (Photo/Sinar Mas Land)

Amazon Web Services (AWS) Academy yang diinisiasi oleh Amazon, akan membuka cloud computing training di BSD City bersama Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) dan Enigma. Oleh karena itu tenaga kerja yang disiapkan ini adalah mereka yang ahli di sistem komputer cloud.

Pada Selasa, 25 Agustus 2020 lalu, Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) mengemukakan ikut sertanya dalam AWS Academy ini, program pembelajaran mengenai cloud computing dari Amazon Web Services (AWS). Belajar via online rencananya dimulai di kuartal ke-4 tahun 2020.

Nantinya, para siswa yang ikut kelas akan mendapatkan sertifikasi dari ITSB dan AWS Academy untuk menyiapkan mereka masuk ke industri cloud computing yang sekarang ini tumbuh pesat.

Pembelajaran ini sendiri dikelola juga oleh Enigma Camp, perusahaan yang bergerak dalam bidang IT bootcamp dan pengelolaan talent IT dengan pengalaman dalam penyediaan program Talent as a Service, Training as a Service dan Job Connector Service. Untuk belajar secara offline rencananya pada awal 2021 di salah satu kampus ITSB yang lokasinya di Digital Hub BSD City, yang disambut baik oleh Sinar Mas Land.

-
ITSB dan Enigma Menggandeng AWS Academy (photo/Sinar Mas Land)

"Kami menyadari pengembangan Amazon yang dilakukan di Asia Tenggara sejalan dengan kebutuhan negara kita, mulai dari ketersediaan tenaga kerja hingga kebutuhan terhadap teknologi yang lebih canggih. Oleh sebab itu, Sinar Mas Land memberikan segala fasilitas untuk pengembangan tersebut di BSD City yang kini bertransformasi menjadi the first integrated smart digital city," ujar Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land.

"Keberadaan Amazon Melalui AWS Academy tentu akan memperkaya ekosistem digital kami sekaligus memberikan nilai tambah kepada para peserta AWS Academy. Digital Hub, BSD City, akan mendukung AWS Academy dengan berbagai fasilitas dan kelengkapan infrastruktur yang dibutuhkan," lanjutnya.

Sinar Mas Land sendiri sudah memulai transformasi kota mandiri terbesarnya, BSD City, menjadi smart city pertama yang terintegrasi. Sinar Mas Land juga mengembangkan Digital Hub di area BSD City. Seiring dengan perkembangannya, Digital Hub menjadi rumah untuk pusat pengembangan inovasi bagi beberapa perusahaan global sampai saat ini bisa menyambut AWS Academy.

-
ITSB dan Enigma Menggandeng AWS Academy (photo/Sinar Mas Land)

"Industri saat ini membutuhkan sangat banyak pekerja IT dengan keahlian cloud, oleh sebab itu dengan bangga kami bersama ITSB membantu para mahasiswa ITSB, mahasiswa universitas lainnya dan masyarakat umum dalam pembelajaran di bidang ini. Dengan AWS Academy, siswa akan dilengkapi dengan keahlian praktek yang diperlukan saat memulai karir di bidang cloud computing," ujar Scott McKinley, AWS Academy Global Team Lead.

Rektor ITSB, Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek, MSc. juga menjelaskan dengan menggunakan kurikulum yang dikembangkan oleh AWS Academy, ITSB akan menambahkan materi cloud computing dalam kurikulum pendidikan mahasiswa ITSB dan peserta lainnya untuk menyiapkan mereka supaya menjadi tenaga kerja berkompetensi cloud.

Lanjutnya, materi Pembelajaran dari AWS Academy akan ada AWS Academy Cloud Foundations, AWS Academy Cloud Architecting, AWS Academy Cloud Developing, and AWS Academy Machine Learning Foundations. Masing-masing paket ini dipelajari dalam rentang 20-40 jam. Seluruh kelas, praktik, serta proyek kerja langsung ditangani pengajar yang punya sertifikasi dari AWS Academy.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Digital Hub (@digitalhub.bsdcity) on

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X