TNI AL Beri Klarifikasi soal Benda Diduga Drone di Selayar, Ada Kamera Perekam

- Senin, 4 Januari 2021 | 11:32 WIB
Benda diduga drone ditemukan nelayan di Selayar (Istimewa)
Benda diduga drone ditemukan nelayan di Selayar (Istimewa)

TNI Angkatan Laut (TNI AL) memberi penjelasan seputar benda yang ditemukan di perairan Selayar oleh nelayan Indonesia, dan disebut sebagai drone.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengklarifikasi bahwa benda itu adalah seaglider.

"Pada pagi hari ini saya akan menyampaikan tentang alat atau seaglider yang kemarin ditemukan nelayan dari Desa Majapahit, Selayar, yang mana dari temuan tersebut saya bawa ke Hidrosal karena ini lembaga yang kompeten untuk meneliti adanya peralatan tersebut jadi supaya lebih real adanya sehingga alat tersebut kita bawa ke sini," kata Laksamana TNI Yudo Margono dalam konferensi pers , Senin (4/1/2021).

KSAL akan melakukan penelitian terlebih dahulu terkait seaglider tersebut agar informasi yang disampaikan kepada publik tidak simpang siur.

"Jadi saya nggak mau berandai-andai supaya rekan-rekan semuanya jelas tentang penggunaan maupun fungsi dari alat yang ditemukan di Kabupaten Selayar. Sehingga kemarin pagi alat tersebut kita bawa dari Surabaya ke Jakarta supaya jelas apa fungsi maupun kegunaan dari alat tersebut," ucap KSAL.

Seaglider itu terbuat dari aluminium dan memiliki dua sayap, propeller, antena belakang, dan alat mirip kamera di badan seaglider.

"Data-datanya, badan terbuat dari aluminium dengan dua sayap 50 cm, panjang bodi 225 cm, kemudian propeller 18 cm di bawah, panjang antena yang belakang 93 cm. Kemudian terdapat instrumen mirip kamera terletak di bodi, ini yang di atas sini. Kemudian tidak ditemukan ciri-ciri perusahaan negara pembuat. Ini dia, tidak ada tulisan apa pun di sini, dari awalnya demikian. Kita tidak merekayasa, masih persis seperti yang ditemukan nelayan," tegas KSAL.

Sekilas soal seaglider, alat ini biasanya digunakan untuk survei dan mengumpulkan data oseanografi di bawah lautan. Alat ini bisa digunakan oleh industri maupun pertahanan.

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X