Menhub Ungkap Pentingnya Tol Laut untuk Indonesia

- Senin, 21 September 2020 | 16:57 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (BKIP/Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi. (BKIP/Kemenhub)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pentingnya program Tol Laut bagi jalur distribusi antar pulau seperti Indonesia. Baginya, Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan Tol Laut untuk mendukung ekonomi ke depan.

"Program Tol Laut diluncurkan tahun 2015 sebagai salah satu program unggulan pemerintah berupa program pengangkutan logistik kelautan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di Nusantara untuk mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal," kata Budi di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Ia menjelaskan Tol Laut penting karena menjaga keseimbangan perdagangan antara wilayah barat dan timur sehingga diperlukan jaringan kapal, rute pelayaran, fasilitas pelabuhan yang memadai, konektivitas antar moda yang baik dan transparansi biaya logistik di setiap lini kegiatan pergerakan barang.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan hamparan laut seluas 6,4 juta kilometer atau 77% dari total wilayahnya. Perairan Nusantara ini bahkan lebih luas dari daratan Asia Barat, yang di atasnya ada 19 negara sehingga bila dimaksimalkan akan sangat berdampak positif bagi kemajuan ekonomi bangsa.

Untuk itu, Kemenhub meluncurkan buku “Tol Laut Konektivitas Visi Poros Maritim Indonesia” sebagai referensi kebijakan maupun pengajaran bagi para mahasiswa di bangku perguruan tinggi.

Buku ini memuat secara terstruktur mengenai program Tol Laut, dimulai dari filosofi program Tol Laut yang mengulas dari sisi sejarah, kapal dan jaringan trayek, pelabuhan dan fasilitasnya, sistem manajemen logistik dan digitalisasi Tol Laut, serta kisah sukses program tol laut.

“Kami membutuhkan kolaborasi dengan kalangan akademisi yang dapat memberikan masukan berkelanjutan yang bermanfaat untuk pengembangan program ke depan. Sebaliknya, kami juga memiliki misi untuk turut memberikan edukasi mengenai kekuatan laut Indonesia dan bagaimana distribusi logistik kepada kalangan perguruan tinggi," ujarnya.

"Buku ini bukan hanya menjadi referensi para stakeholders Tol Laut, namun juga buku yang layak menjadi materi akademis bagi para siswa kelautan maupun disiplin ilmu lainnya,” tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X