Riza Patria Klaim Penanganan Banjir di Jakarta Lebih Baik, Luar DKI Bisa Sampai Seminggu

- Selasa, 23 Februari 2021 | 15:28 WIB
Wgub DKi Jakarta Ahmad Riza Patria. (Instagram/@arizapatria)
Wgub DKi Jakarta Ahmad Riza Patria. (Instagram/@arizapatria)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai bahwa penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan wilayah Jawa.

Riza menyebutkan, pengendalian banjir di Jakarta dapat terselesaikan dalam beberapa jam hingga sampai satu hari. Sedangkan, penanganan banjir di Jawa bisa sampai berminggu-minggu.

"Alhamdullilah tidak berhari-hari kita. Melihat di beberapa daerah di Jawa di luar Jawa juga masih ada banjir yang sampai berminggu-minggu," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Dalam mengantisipasi banjir di Jakarta, Riza mengklaim bahwa Pemprov DKI telah melaksanakan program-program direncanakan, yakni normalisasi atau naturalisasi sungai, pembuatan sumur resapan dan peningkatan pompa air yang jumlahnya sudah mencapai 729 unit.

Baca Juga: Jalani LDR Gegara Covid-19, Atta Halilintar Sebut Aurel Hermansyah Lagi Dipingit

Riza juga mengklaim seluruh pihaknya telah bekerja secara maksimal melakukan berbagai macam program untuk mengantisipasi banjir apabila terjadi hujan ekstrem, dan bersiaga selama 24 jam.

"Kita juga meningkatkan RTH termasuk di DKI kita satu tahun terakhir ini meningkatkan daya tampung air dengan gerebek lumpur termasuk pengurukan sedimetasi yang sudah meninggi mengerahkan tidak kurang dari 257 ekstavator," ungkapnya.

"Untuk antispasi ini kami juga ada program optimalisasi pengerukuan dengan meningaktan daya tampung air dan membuat codetan-codetan dan juga olakan-olakan atau tempat sementara bersinggah air dan diterukan ke sungai kali dan laut," tandas Riza.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X