The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Azan Berisi Ajakan Jihad, Ustadz Yusuf Mansur: Tahan Segala Omongan Jelek
Ustadz Yusuf Mansur komentari azan berisi ajakan jihad. (Instagram/@yusufmansurnew)
News

Viral Azan Berisi Ajakan Jihad, Ustadz Yusuf Mansur: Tahan Segala Omongan Jelek

Jangan berprasangka buruk.

Selasa, 01 Desember 2020 12:02 WIB 01 Desember 2020, 12:02 WIB

INDOZONE.ID - Ustadz Yusuf Mansur mengomentari video viral azan yang berisi ajakan jihad. Dia mengajak publik untuk berbaik sangka dan tidak terprovokasi, dengan hal-hal negatif.

"Soal Azan Jihad. Mari berbaik sangka dan tahan segala omongan yang jelek," tulis Ustadz Yusuf Mansur di akun Instagram miliknya, Senin (30/11/2020).

Dalam postingannya, Ustadz Yusuf Mansur juga membagikan video yang mengomentari soal azan berisi ajak jihad harus disikapi dengan bijak. Dia meminta publik untuk mengedepankan baik sangka dan bersabar di semua aspek.

azan ajakan jihad, viral,
Cuplikan video viral azan berisi ajakan jihad. (Facebook)

Terkait seruan azan yang diganti Hayya alash sholah yang berarti mari menunaikan salat, diganti dengan Hayya alal Jihad, mari kita berjihad, Ustadz Yusuf Mansur berpendapat, dirinya memang fakir secara fiqih, tapi dirinya meyakini nantinya akan ada kajian dari para ustadz, kiai, habib bahwa tidak ada Azan diganti dengan Hayya 'alal jihad.

"Wallahualam bissawab, bahkan ketika perang pun tidak diganti Hayya 'alal jihad saat perang asli di zaman Rasulullah," kata Ustadz Yusuf Mansur.

"Tapi baik juga buat kita untuk tidak berburuk sangka dulu kepada pihak manapun. Tidak kemudian mencurigai pihak manapun, karena bisa jadi ini inisiatif kelompok kecil saja. Jadi jadikan pelajaran saja," sambungnya.

Pelajaran yang dimaksud Ustadz Yusuf Mansur adalah untuk berbaik sangka dan sabar menunggu penjelasan pihak terkait. Sehingga ada hikmah di kemudian hari.

"Tapi atas seruan jihad itu sendiri juga merespons dengan spontan dan ini bahaya gitu, karena akan terjadi banyak hal di lapangan bila kemudian di dunia nyata ajakan ini menjadi provokasi," tegas Ustadz Yusuf Mansyur.

Dia pun mengajak umat muslim di Indonesia perbanyak berdoa agar tidak ada perpecahan. Namun, dari peristiwa ini nantiknya akan jadi ilmu baru soal memahahi antar umat beragama.

"Terus berdoa kepada Allah SWT, mudah-mudahan umat tidak direpoti dengan satu, dua kasus atau berita yang bisa jadi kita sedang ditabuh genderang gak ngerti oleh siapa. Jangan sampai kita menari berdasarkan tabuh genderang iramanya orang lain," paparnya.

"Tapi asyik neh jadi ilmu baru. Nanti satu umat dengan umat lain saling mengerti, saling memahami, saling bisa duduk bareng. Oh itu bukan kami, oh itu bukan kita. Jadi itu adalah siapa, kita ingin semua bersatu, InsyaAllah. Saya berharap semua tetap tenang, adem, jaga yang sudah baik di negeri kita ini," pungkas Ustadz Yusuf Mansur. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US