The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Demi Membangun Desa, Pemkab Bogor Ajak Pemuda untuk Kolaborasi
Komite Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar alias Gus Udin di Desa Cimanggis, Bogor, Jawa Barat. (photo/ANTARA/M Fikri Setiawan)
News

Demi Membangun Desa, Pemkab Bogor Ajak Pemuda untuk Kolaborasi

Senin, 12 April 2021 01:08 WIB 12 April 2021, 01:08 WIB

INDOZONE.ID - Pada Minggu (11/4), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mengajak kaum muda untuk berkolaborasi membangun desa agar terciptanya percepatan pembangunan infrastruktur di setiap desa.

"Pembangunan harus kolaboratif, dikarenakan Kabupaten Bogor secara demografis lebih banyak pedesaannya maka diharapkan Karang Taruna di desa menjadi lokomotif dan percepatan pembangunan," ungkap Komite Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor Saepudin Muhtar alias Gus Udin di Bojonggede, Bogo dikutip dari ANTARA.

Dia mengemukakan para pemuda perlu terlibat aktif membantu pemerintah dalam perbaikan maupun pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat umum.

Baca juga: Antisipasi Kekerasan KKB, Kapolda Papua akan Kerahkan Helikopter Evakuasi Warga dari Beoga

Pasalnya, tahun ini Pemkab Bogor memiliki program padat karya yang melibatkan masyarakat desa melalui bantuan keuangan bernama Satu Miliar Satu Desa atau Samisade.

Bupati Bogor Ade Yasin menerangkan bahwa program Samisade selain untuk menata infrastruktur desa, juga memulihkan perekonomian dari dampak pandemi COVID-19.

"Saat ini masih pandemi COVID-19, dibanding kami berikan bansos, lebih baik berikan pekerjaan kepada masyarakat,” ungkap dia.

Dia mengatakan bantuan dengan total Rp311,8 miliar untuk 349 desa yang mengajukan itu akan diwujudkan dalam pembangunan infrastrukur desa melibatkan warga secara padat karya dengan kepala desa sebagai pengguna anggaran.

Ia mengaku tak ingin sembarangan memberikan bantuan keuangan tersebut, karena khawatir ada penyelewengan anggaran di kemudian hari sehingga kepala desa berurusan dengan hukum.

“Kami ingin desa memanfaatkan bantuan ini dengan baik sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di desa. Karena bantuan ini akan ada tiap tahun,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US