WHO Sarankan Dunia Belajar Penanganan Corona dari 3 Negara Termasuk Indonesia

- Senin, 9 November 2020 | 15:45 WIB
Spanduk pemberitahuan untuk menerapkan proteokol kesehatan di Ancol. (INDOZONE)
Spanduk pemberitahuan untuk menerapkan proteokol kesehatan di Ancol. (INDOZONE)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengundang Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto bersama tiga menteri kesehatan negara lainnya untuk berbagi pengalaman dalam menangani virus corona (Covid-19).

Mereka diundang untuk hadir mengikuti konferensi pers tentang Covid-19 Intra-Action Review (IAR) bersama Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Jumat (6/11/2020) lalu.

Tedros menyebut pelaksanaan IAR Covid-19 penting untuk memperkuat strategi pandemi corona. Menurutnya, melalui IAR nanti bisa terlihat apa yang salah dalam penanganan pandemi dan apa yang dinilai sudah baik.

"Kajian analisis (IAR) semacam ini adalah apa yang diminta dunia selama World Health Assembly bulan Mei, tinjauan interaksi menggunakan pendekatan multi-sektor masyarakat secara keseluruhan, mengakui pemangku kepentingan dalam tanggapan kesiapsiagaan di tingkat nasional dan sub-nasional," jelas Tedros dalam konferensi pers virtual WHO, Jumat (6/10/2020).

IAR merupakan pedoman atau mekanisme monitoring evaluasi salah satu pilar peraturan kesehatan internasional (IHR) yang telah direvisi pada 2005. 

Pada IAR tersebut terdapat sejumlah petunjuk yang sebaiknya dilakukan oleh setiap negara untuk mengatasi Covid-19 di negaranya sekaligus dengan catatan poin-poin mana saja yang sudah dilakukan, belum dilakukan, dan perlu dilakukan penguatan.

WHO menilai penanganan Covid-19 di Indonesia telah sesuai dengan guideline yang telah ditetapkan. Ini merujuk pada IAR yang telah dilakukan pada 31 Juli yang lalu.

Tedros mengatakan tidak ada kata terlambat untuk menangani pandemi corona. Ia mendorong beberapa negara untuk belajar terkait penanganan Covid-19 dari tiga negara termasuk Indonesia.

"Saya mendorong semua negara untuk belajar dari Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia untuk bekerja menekan virus ini hari ini. Kita bisa menyelamatkan nyawa dan mengakhiri pandemi ini bersama-sama," kata Tedros.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X