Nick Nurse, Pelatih Rookie Kesembilan yang Meraih Juara NBA
Nick Nurse/Twitter
News

Nick Nurse, Pelatih Rookie Kesembilan yang Meraih Juara NBA

Riki Noviana
Jumat, 14 Juni 2019 17:07 WIB 14 Juni 2019, 17:07 WIB

Jalan panjang dilalui pria  asal pedesaan Iowa, Nick Nurse untuk menyabet gelar NBA pertama bagi Kanada. Tumbuh di Elm Street di kota kecil Carroll di Iowa, sejak kecil, Nurse memiliki sesuatu yang istimewa.

Apakah itu Olimpiade lokal yang  mereka gelar pada 1976 bertepatan dengan Olimpiade Montreal, di mana Nurse mendominasi setiap olahraga yang diikuti, atau keberhasilannya dalam atletik universitas. 

Nurse adalah quarterback di tim sepak bola, pitcher dan shortstop di tim baseball. Dia bahkan bisa lompat galah.

Pada 1985 Nurse dinobatkan sebagai Des Moines Register Atlet of the Year saat ia memimpin Sekolah Tinggi Katolik Kuemper ambil bagian di satu-satunya kejuaraan bola basket negara bagian.

Jalur Nurse menuju panggung kepelatihan NBA tidaklah mudah. Namun dengan kerja keras, dia berhasil menyabet dua trofi NBA D-League champion (2011, 2013) dan dua trofi
BBL champion (1996, 2000). Pria 30 tahun juga didaulat sebagai NBA D-League Coach of the Year pada 2011.

Kini, semua mata tertuju ke arah Nurse. Sang pelatih berhasil meraih trofi NBA pertama untuk Kanada pada musim rookie sebagai pelatih kepala NBA setelah kemenangan 114-110 atas juara bertahan dua kali Golden State Warriors di Gim 6 Final NBA, Kamis (13/6/2019) malam waktu setempat. 

Nurse adalah pelatih kesembilan dalam sejarah NBA yang mencapai puncak kesuksesan pada musim pertamanya. 

  

    TAG
    Indozone Media
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE