Wow! Ikan Arwana Ini Terjual Rp875 Juta

- Senin, 24 Juni 2019 | 13:55 WIB
Shutterstock.com
Shutterstock.com

Ikan arwana adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ikan arwana jenis super red asal Kapuas Hulu Kalimantan Barat menjuarai kontes tingkat internasional di China. 

Ikan yang memiliki nama lain Scleropages Formosus bahkan terjual dengan harga Rp875 juta di negara tirai bambu tersebut.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Penangkaran dan Penjual Siluk Indonesia, Agus di Putussibau, pada kontes ikan arwana di Kapuas Hulu, tahun lalu, ikan arwana super red pemenang kontes telah menembus harga Rp120 juta.

Dikatakan Agus, usaha ikan arwana sangat menjanjikan dan berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, bahkan bisa menyerap tenaga kerja.

Menurut dia, saat ini sudah banyak masyarakat yang membudidayakan berbagai jenis ikan arwana dengan cara penangkaran.

"Jangankan anak ikan arwana, telur ikan arwana saja sekarang memiliki nilai jual," ucap Agus.

Dia berharap di Kapuas Hulu sering diselenggarakan kontes ikan arwana untuk mendongkrak harga serta menumbuhkan semangat masyarakat yang menggantungkan hidup dengan membudidayakan ikan arwana.

Agus juga meminta pemerintah lebih peduli pada pembudidayaan ikan hias arwana, apalagi spesies ikan arwana memang berasal dari Kapuas Hulu yang sudah mendunia.

"Jangan sampai Kapuas Hulu kalah oleh daerah atau negara lain. Harus ada langkah dari pemerintah kita terkait ikan arwana, karena itu adalah aset daerah dan bangsa ini," kata Agus.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X