Selembar Kertas Struk Lebih Bahaya Dibanding dengan Botol Plastik

- Kamis, 20 Juni 2019 | 12:07 WIB
Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Saat melakukan tranksaksi di ATM, biasanya kita akan menerima kertas struk. Sebagian orang ada yang meremas dan langsung membuangnya dan ada juga yang justru menyimpannya di dompet.

Namun, tahukah kamu? Ternyata, sentuhan yang kita lakukan dengan kertas struk ATM tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan. Kertas struk itu biasa disebut dengan kertas  thermal.

Tidak hanya di ATM, struk ini juga biasa digunakan di tempat perbelanjaan. Ternyata, kertas thermal paper yang biasa kita pakai di atm mengandung bahan kimia. Bahkan, kandungannya disebut berpotensi menjadi penyebab kanker.

Salah satu bahan kimia yang ditemui di kertas ini ialah BPA atau Bisphenol A. Kandungan BPA ini sebelumnya juga sempat ditemui di beberapa botol plastik. Penggunaan botol plastik yang mengandung BPA pun sudah sempat dibatasi.

"Terdapat jumlah BPA yang lebih banyak pada selembar struk berbahan kertas thermal dibanding jumlah keseluruhan yang diperoleh dari botol plastik yang telah digunakan selama bertahun-tahun," ujar John Warner, Ph.D., presiden dari Warner Babcock Institute for Green Chemistry.

BPA disebut berperan dalam meningkatkan kanker prostat dan juga payudara. Adapun masalah kesehatan lainnya selain kanker, yaitu penyakit kardiovaskular dan perkembangan abnormal pada otak dan reproduksi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X