7 Tanaman Dalam Ruangan Yang Wajib Kamu Pelihara

- Sabtu, 24 Agustus 2019 | 16:52 WIB
ilustrasi/pixabayinstagram/@dindaflora_
ilustrasi/pixabayinstagram/@dindaflora_

Tak hanya membuat ruangan lebih cantik, kehadiran tanaman di dalam ruangan juga memiliki manfaat untuk kesehatan para penghuninya. Tanaman dalam ruangan ini akan menyerao polusi udara yang buruk bagi kesehatan.
Untuk membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sehat, kamu bisa mencoba meletakkan tanaman-tanaman berikut di dalam ruangan.

1. Lidah buaya

-
ilustrasi/pixabay

 

Selain sebagai obat alami, ternyata satu pot lidah buaya punya kemampuan yang hampir sama seperti sembilan pembersih udara biologis.  Lidah buaya akan menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida, dan karbon monoksida di dalam ruangan. Ketika ruangan mengalami polusi yang tinggi, akan muncul bintik hitam di lidah buaya.

2. Kaktus

-
ilustrasi/pixabay

 

Tak hanya mempercantik ruangan, tanaman berduri ini bisa membuat oksigen di dalam ruangan menjadi lebih sehat. Tanaman ini juga ternyata mampu mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya.

3. Bambu hias

-
instagram/@grosirtanamanhias

Bambu hias ini akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen dengan cepat yang akan membuat udara di dalam rumah terasa lebih segar dan penghuninya pun akan lebih bersemangat untuk beraktivitas. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, bambu hias ini adalah tanaman pembawa keberuntungan.

4. Lidah mertua

-
instagram/@dindaflora_

Tanaman dengan bentuk memanjang ini dapat memfilter udara dengan menyerap racun (polutan) berbahaya.

5. Palem hias

-
instagram/@palmate.garden

Tanaman hias satu ini dikenal mampu menetralisir zat berbahaya yang ada dalam asap rokok seperti formaldehida, benzena, dan karbonmonoksida. Tanaman hias yang satu ini wajib kamu pelihara di dalam ruangan untuk memfilter asap rokok.

6. Suplir Adiantum

-
instagram/@galuh_nanang

Tanaman adiantum wajib dipelihara buat kamu yang kerja di dalam ruangan dengan menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya. Adiantum mampu menyerap radiasi dan menyerap Xylene dan Toluene yang dihasilkan oleh monitor dan printer. Adiantum menyerap 20 mikrogram per jam formaldehyde dan dianggap salah satu tanaman sebagai pembersih alami yang paling efektif.

7. Sirih gading

-
instagram/@lia_aprilita

Warnanya yang hijau akan membuat mata lebih sejuk dan menciptakan suasana yang teduh dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini mampu mengurangi gas polutan yang biasanya muncul dari tempat sampah, tabung gas, dan mengurangi debu-debu yang suka menempel pada karpet atau pun sofa di rumah.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X