Jayapura Membara, Wiranto: Jangan Mau di Adu Domba

- Jumat, 30 Agustus 2019 | 00:57 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Indrayadi)
(photo/ANTARA FOTO/Indrayadi)

Menko Polhukam Wiranto menyesalkan tindakan anarkis yang terjadi di Jayapura, Papua. Wiranto meminta supaya masyarakat Papua tak terpancing provokasi dan jangan percaya pada hoax yang beredar.

"Hari ini saya juga mendapat laporan demo yang berjalan di Abepura ke Jayapura sudah membakar gedung MRP, ya menjebol rumah tahanan," kata Wiranto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8).

Wiranto mengingatkan agar aparat keamanan bertindak persuasif saat menghadapi para pendemo.

Dia juga menegaskan aparat jangan memakai senjata dengan pelutu tajam. Hal itu bisa semakin memanaskan kondisi di Jayapura, Papua.

Selain itu dia mengimbau agar masyarakat Papua jangan mau diaadu domba. Masyarakat Papua juga diminta tak percaya pada hoax yang beredar.

"Saya meminta sebenarnya kesadaran masyarakat terutama masyarakat Papua dan Papua Barat, jangan samai kita mau diadu domba. Jangan sampai kita mau diprovokasi oleh pihak lain," tuturnya.

Lebih lanjut, Wiranto menegaskan tak perlu adanya tuntutan referendum bagi Papua. Dia mengatakan Papua adalah bagian dari NKRI.

"Tuntutan referendum. Saya kira sudah tidak pada tempatnya. Tuntutan referendum itu saya kira tidak lagi harus disampaikan, karena apa? NKRI ini sudah final," ujar Wiranto. 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X