Selamat Hari Sumpah Pemuda, Ini 5 Pemuda Berprestasi dan Inspiratif
Kolase 5 Pemuda Berprestasi
News

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Ini 5 Pemuda Berprestasi dan Inspiratif

Membuat harum nama Indonesia

Senin, 28 Oktober 2019 16:10 WIB 28 Oktober 2019, 16:10 WIB

INDOZONE.ID - Indonesia tidak pernah kekurangan pemuda berprestasi. Seiring kemajuan teknologi, banyak lahir pemuda yang berprestasi dan menginspirasi. Prestasi mereka menuai kagum dari banyak orang dan membuat harum nama Indonesia. 

Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, ini dia generasi milenial sukses yang menginspirasi hidup kamu: 

1. Amanda Cole, CEO Sayurbox 

Amanda Cole merupakan CEO Sayurbox. Wanita berusia 28 tahun ini berhasil menjadi sosok muda Indonesia yang berprestasi dan diakui Forbes 30 Under 30 Asia 2019. 

Amanda Cole
Amanda Cole (kanan) (Instagram/omandacole)

Sayurbox sendiri merupakan platform yang menjadi sumber dan distribusi untuk sayuran dan buah segar. Ia berhasil membangun Sayurbox hingga memiliki pelanggan sebanyak 50 ribu dan dapat mengirim sayuran dan buah segar hingga mencapai 1.000 pengiriman per hari. 

Dengan platform Sayurbox, petani dapat menjual langsung hasil panen mereka ke konsumen dengan kecepatan waktu 24 jam. 

2. Aries Susanti, Atlet Panjat Tebing Indonesia 

Aries Susanti merupakan atlet Panjat Tebing Indonesia. Aries sukse menyita perhatian berkat prestasi atletik yang mengharumkan nama Indonesia. 

Aries Susanti
Aries Susanti (tengah), Atlet Panjat Tebing Indonesia (ANTARA/Waspodo/hnd/aww)

Atlet panjat tebing wanita ini sukses meraih medali emas di ajang Asian Games 2018, Ia juga mendapatkan medali emas di kejuaraan International Federation of Sport Climbing (IFSC) World Cup 2019 di Xiamen, Tiongkok dan berhasil memecahkan rekor dunia.  

Berkat prestasinya di cabang olahraga, ia masuk dalam daftar pemuda berprestasi versi majalah Forbes dalam 30 Under 30 Asia 2019. 

3. James Prananto, Co-founder Kopi Kenangan 

Kopi sangat identik dengan generasi milenial dan gen Z. Salah satu pebisnis muda Indonesia yang fokus pada kopi adalah James Prananto. 

James Prananto merupakan Co-founder Kopi Kenangan, ia mendirikan gerai Kopi Kenangan pada tahun 2017. 

kopi kenangan
James Prananto, Co-founder Kopi Kenangan (Instagram/kopikenangan.id)

Berkat usaha kopi yang didirikannya, James Prananto berhasil masuk dalam daftar prestasi Forbes 30 Under 30 Asia 2019. Forbes menilai Kopi Kenangan sebagai gerai kopi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. 

Kopi Kenangan menargetkan akan menjual tiga juta gelas kopi per bulan. 
Tidak main-main bisnis Kopi Kenangan mendapatkan kucuran dana senilai US$8 juta atau setara dengan Rp 121,6 miliar untuk mengembangkan jaringan bisnis kopi ini. 

4. Lalu Muhammad Zohri, Pelari, Atlet 

Lalu Muhammad Zohri merupakan pelari cepat Indonesia ia berhasil mendapatkan medali perak pada ajang Asia Games 2018 dan medali emas kejuaraan Dunia Junior 2018. 

Bukan hanya kejuaraan dunia lainnya, Lalu Muhammad Zohri juga telah memastikan melaju ke Olimpiade Tokyo 2020. Ia finish di posisi ketiga dalam lari 100 meter putra di kejuaraan Golden Grand Prix Osaka 2019, Jepang. 

Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri (REUTERS/Beawiharta)

Dalam kejuaraan tersebut, Muhammad Zohri mencatatkan waktu 10,03 detik dan mencatakan namanya untuk melaju ke Olimpiade Tokyo 2020. Ia menjadi atlet satu-satunya dari Asia Tenggara yang berhasil melaju ke final Golden Grand Prix 2019. 

Berkat prestasi atletiknya yang mengharumkan nama Indonesia, Lalu Muhammad Zohri juga dianugerahi atlet berprestasi di ajang Indonesia Awards 2019. 

5. Alffy Rev, Pemusik 

Alffy Rev merupakan pemuda Mojokerto yang bercita-cita membawa musik Indonesia mendunia. 

Aksinya ialah membuat musik lagu-lagu nasional Indonesia yang relevan dengan musik zaman sekarang. 

Ia memasukkan musik elektronik (EDM) dan unsur musik tradisional ke dalam lagu-lagu nasional seperti Rayuan Pulau Kelapa dan Tanah Air. 

Alffy Rev
Alffy Rev (Instagram/alffy_rev) 

Bukan hanya memasukkan musik EDM, ia juga memasukkan musik tradisional seperti gamelan. Atas aksinya, video "Tanah Air" yang diaransemen olehnya sudah dilihat lebih dari 14 juta kali. 

Alffy mempunyai channel Youtube sendiri untuk mengaransemen lagu-lagu populer dan nasional. 

Perjalanan bermusiknya tidak selalu mulus, aransemen lagu "Indonesia Raya" yang dibuatnya sempat menimbulkan kontroversi. Tetapi hingga kini, ia masih semangat mengerjakan musik untuk Indonesia. 

Itu dia 5 sosok pemuda berprestasi yang membawa nama harum Indonesia. Siapa sosok pemuda favoritmu?

TAG
Bela
Indozone News
Bela

Bela

Writer
Indozone News

Indozone News

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU