Mahfud MD Minta Kampus Tak Larang Mahasiswanya Diskusi

- Kamis, 31 Oktober 2019 | 09:33 WIB
Antara/Sigid Kurniawan
Antara/Sigid Kurniawan

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD meminta kepada setiap universitas supaya tidak melarang mahasiswanya untuk menggelar diskusi di kampus.

Hal tersebut disampaikan Mahfud saat menjadi pembicara di Universitas Padjajaran pada Rabu (30/1).

"Tadi saya baca tabloid kampus, katanya kampus sudah tidak demokratis, sudah banyak melarang mahasiswa berkreasi, berdiskusi dan ada yang mengintai diskusi, saya berpikir itu tidak baik," kata Mahfud.

Menurut Mahfud, diskusi merupakan budaya akademis kampus yang bisa membangun demokrasi. Karena itulah Mahfud mengimbau agar pihak kampus membiarkan mahasiswanya melakukan diskusi untuk kebaikan demokrasi.

"Saya pikir kampus biarlah kampus, kampus membangun kehidupan demokrasi," ujarnya.

Mahfud juga sangat menyayangkan kalau prestasi akademik mahasiswa tak diiringi dengan kesadaran sosial.

Menurut dia, banyak orang yang IPK-nya tinggi tapi tidak bisa mengembangkan masyarakat sekitarnya.

"Banyak orang yang nilai IPK nya tinggi tapi tidak bisa berkembang dengan baik dan tidak bisa mengembangkan masyarakat dengan baik. Maka harus tradisi seperti diskusi, seminar, pameran buku, lukisan, kuliah umum, studi wisata, itu semua tradisi," ujar Mahfud.

Meskipun begitu, Mahfud tetap mengingatkan agar diskusi tersebut dilakukan terbuka dan tidak ada niatan untuk memojokkan nama baik kelompok tertentu.

"Terbuka saja, pimpinan universitas tidak boleh melarang. Mahasiswa juga harus kreatif, karena sejumlah pimpinan yang tampil di pemerintahan, dulunya aktivis yang banyak diskusi," ungkap Mahfud.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X