Kisah Cinta Habibie Pernah Dipentaskan dalam 'Opera Ainun'

- Kamis, 12 September 2019 | 13:16 WIB
BJ Habibie (Instagram @b.jhabibie)
BJ Habibie (Instagram @b.jhabibie)

Kisah hidup presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie bukan cuma diabadikan dalam buku dan film, tetapi juga seni teater. Bertajuk 'Opera Ainun', suguhan opera yang diadaptasi dari buku 'Habibie & Ainun' ini digelar di Taman Ismail Marzuki pada September tahun lalu.

'Opera Ainun' merupakan opera klasik yang diangkat dari kisah nyata, dan tak semata berpusat pada cinta dua sejoli, namun juga mengangkat nilai-nilai nasionalisme.

Opera garapan Lima Dimensi Production ini murni karya generasi muda Indonesia yang telah digarap sejak Agustus 2016, melalui proses panjang perumusan konsep cerita, story-book, naskah, dan komposisi musik, yang kemudian dilanjutkan selama 150 menit sesuai standar operatik internasional.

Opera ini juga menjadi perpaduan antara budaya tradisional Indonesia dengan seni Eropa, di mana peleburan dua tradisi ini terlihat pada aransemen musik, tarian, busana, dan tata panggung.

 'Opera Ainun' merupakan pertunjukan opera pionir yang seluruhnya melibatkan orang Indonesia pada segala aspek produksi kreatif, mulai dari penulisan hingga musik, desain, koreografi, akting, dan kostum.

Keterlibatan para pekerja kreatif lintas generasi dalam produksi opera ini juga diharapkan menjadi sebuah regenerasi industri seni, yang nantinya dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi para pekerja muda untuk berkontribusi memajukan bidang ini.

Purwa Tjaraka dipercaya sebagai komposer yang tampil live dengan full orchestra 35 pieces dalam opera ini, di mana seluruh komposisi musiknya merupakan karya orisinal.

Penulis skenario kondang Titien Wattimena menjadi penulis naskah dan libretis, pengarah busana dipercayakan kepada Samuel Wattimena, posisi art director diisi oleh Ria Sirdjono, sementara Ari Tulang ditunjuk sebagai sutradara.
 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X